Pertama di BMR, Disdik Bolmong Terapkan Pendidikan Anti Korupsi di Lingkungan Sekolah

0
93
Renti Mokoginta.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus berupaya melakukan mitigasi korupsi.

Tak hanya di lingkungan birokrasi, upaya tersebut juga akan diterapkan di lingkungan sekolah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong.

Hal itu sebagaimana diungkapakan Kepala Disdik Renti Mokoginta, Senin (15/03/2021).

“Kita bekerjasama dengan KPK, dan program ini diminta langsung KPK,” kata Renti.

Penerapan pendidikan karakter dan anti korupsi tersebut sudah disetujui oleh Bupati melalui Peraturan Bupati (Perbup) No 51 Tahun 2020 yang berisi penyelenggaraan pendidikan anti korupsi pada satuan pendidikan.

“Perbupnya sudah ditandatangani oleh Bupati. Kemudian bulan Juni nanti sudah akan kita terapkan di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Pihak disdik bakal menanamkan pendidikan karakter dan anti korupsi di seluruh satuan pendidikan.

“Rencanannya program ini akan diberlakukan bulan juni. Program ini diterapkan di Dinas Pendidikan sampai di tingkatan pada Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama akan dibekali pengetahuan dan pembelajaran mengenai pendidikan anti korupsi,” ujarnya.

Dia menilai, pengetahuan tentang moral dan anti korupsi sangat penting diterapkan di lingkungan sekolah. Karena hal itu merupakan langkah pencegahan yang cukup efektif dalam rangka membangun generasi bangsa yang berintegritas untuk memerangi korupsi.

“Jika sudah berjalan, kita akan selalu melakukan pemantauan dan monitoring agar penerapan pendidikan karakter dan anti korupsi di sekolah dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya pembekalan sejak dini, generasi selanjutnya akan jauh dari praktek-praktek korupsi.

“Kita harus bentuk mereka lebih awal agar lebih efektif. Dan kita tidak harus mengubah kurikulum karena pendidikan karakter dan anti korupsi bisa disisipkan dalam semua mata pelajaran di sekolah,” pungkas Mokoginta.

Sekadar diketahui, Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmong merupakan yang pertama di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang menerapkan pendidikan anti korupsi di sekolah.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.