Pilsang Serentak di Bolmong digelar Tahun ini

0
184
Isnaidin Mamonto.

TNews, BOLMONG — Dari 200 desa se Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), 96 desa diantaranya dipastikan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak tahun 2021 ini.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Program Pembangunan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Isnaidin Mamonto, Rabu (14/04/2021).

Menurutnya, agenda Pilsang di 96 desa telah direncanakan pelaksanaannya, namun waktunya belum bisa dipastikan.

Ïntinya pelaksanaan di tahun 2021 ini, saya sendiri belum bisa pastikan pelaksanannya bulan apa,” katanya.

Ditanya soal anggaran pelaksanaan pilsang serentak tersebut, Isnaidin belum memebeber membeber besaran anggaran yang akan digunakan pada pelaksanaan pilsang nanti. Sebab ada sejumlah tahapan yang akan dilewati para peserta atau calon sangadi. Sementara setiap tahapan membutuhkan biayanya.

“Yang pasti anggarannya telah ditata di APBD tahun 2021,” ujarnya.

Di sisi lain kata dia, ada sejumlah desa yang telah melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang merupakan rangkaian sebelum pilsang.

Ia juga meminta, dalam menghadapi kontestasi pemilihan anggota BPD dan kepala desa ini, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban di masing-masing desa.

“Pemilihan anggota BPD dan kepala desa ini adalah pesta politik lokal yang pesertanya adalah masyarakat itu sendiri. Siapa saja bisa berpartisipasi, baik menjadi calon anggota BPD dan kepala desa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami berharap, agar kompetisi ini diikuti dan bersaing dengan sehat,” tegasnya.

Imran Asiaw

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.