Pinaesaan Wangko Indonesia dan LESTARI Support Dispar Kota Manado

0
256
Badan Pengurus Pengurus Pusat PWI didampingi ketua LESTARI Manado Marthenus Suryanta Tarigan dan Refindo Tawaris salah satu konsultan pariwisata Indonesia ke Dispar Manado dan diterima langsung kadis Pariwisata Esther Mamangkey, Senin (20/02/2023) (Foto : Meiyer/TN)

TNews, Manado Sulawesi Utara – Komitmen dinas Pariwisata kota Manado untuk kembali membangkitkan dunia pariwisata mendapat apresiasi positif perkumpulan Pinaesaan Wangko Indonesia (PWI) yang tak lain adalah wadah persatuan sedikitnya 20 LSM/Ormas di Sulawesi Utara.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan Badan Pengurus Pengurus Pusat PWI didampingi ketua LESTARI Manado Marthenus Suryanta Tarigan dan Refindo Tawaris salah satu konsultan pariwisata Indonesia ke Dispar Manado dan diterima langsung kadis Pariwisata Esther Mamangkey, Senin (20/02/2023).

Bendahara PWI Marthin Waworuntu mengatakan, kinerja dinas pariwisata sebagai salah satu mesin Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Manado, perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan sehingga bisa secara leluasa menerapkan inovasi-inovasi guna pengembangan dunia pariwisata di kota Manado.

“Sebagai yang merasa bertanggung jawab terhadap kota Manado, PWI sebagai gabungan LSM/Ormas, tentunya berkewajiban mendukung seluruh upaya yang baik dan dilaksanakan, sekaligus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu membahu mengangkat perekonomian kota Manado,” ujar Waworuntu yang adalah ketua umum Ormas Waraney Santiago Indonesia.

Lain halnya diungkapkan Meiyer Tanod sekretaris PWI, yang menilai bahwa perlu adanya pemberdayaan masyarakat dengan pelaksanaan even-even berskala kecil tetapi langsung menyentuh masyarakat. “Disarankan untuk dispar Manado, agar dapat menyelenggarakan even yang langsung menyentuh masyarakat dalam hal pemberdayaan perekonomian. Ketika ada even, untuk kulinernya dikelolah dan diserahkan kepada UMKM, sehingga manfaat even selain menunjang pariwisata, juga ikut mengangkat perekonomian masyarakat. Apalagi ketika masyarakat terlibat maka sudah tentu perputaran uang yang terjadi hanya di Manado,” kata Meiyer yang juga Ketua Umum LSM Maesa’an Tou Melesung (MTM).

Sementara itu Refindo Tawaris salah satu konsultan pariwisata Indonesia melihat satu peluang ketika PWI yang notabene adalah gabungan Ormas dan LSM melihat pariwisata kota Manado harus dibangkitkan. “Secara langsung kami yang adalah praktisi pariwisata sangat menyambut baik dukungan PWI yang tentunya selain ke Dinas pariwisata Manado, juga akan berdampak kepada kami sebagai pelaku usaha pariwisata baik agen perjalanan, pengusaha hotel dan restoran, tour guide, pelaku usaha Diving, UMKM kuliner dan kerajinan serta bidang usaha lainnya yang bersentuhan dengan pariwisata,” kata pemilik panggilan Indo Nyoa ini.

Kadis Pariwisata Kota Manado Esther Mamangkey sangat menyambut baik dukungan LSM/Ormas yang tergabung dalam Pinesaan Wangko Indonesia. “Pariwisata tentunya tak lepas dari dukungan semua pihak termasuk LSM dan Ormas, Dan momentum yang ada ini tentunya baik untuk kitab semua,” singkat Esther.

Dalam kunjungan ini selain ketua LESTARI Manado Marthenus Suryanta Tarigan dan Refindo Tawaris konsultan pariwisata Indonesia, Sekretaris dan bendahara PWI juga hadir Bobby Mongkau yang tak lain adalah Panglima Gabungan PWI. Diketahui pada 25 Februari 2023 mendatang, Dispar Manado akan melaksanakan even Festival Kebudayaan Borgo yang merupakan even pembuka untuk tahun 2023. (Penulis Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.