Port Stay di Bitung, KM Tatamailau Jadi Kapal Isolasi Warga Terpapar Covid-19

0
188
Bupati Minut Joune Ganda, SE ketika berkunjung dan diterima perwira KM. Tatamailau di Pelabuhan Samudera Bitung

JG : Para Isoman Bisa Rekreasi sekaligus Recovery di Atas Kapal

KM. Tatamailau salah satu kapal penumpang milik PT. PELNI yang direncanakan penggunaan sebagai lokasi Isolasi Terapung dan dimanfaatkan oleh dua pemerintahan yakni Pemkab Minut dan Pemkot Bitung (Sumber Foto : nurcholis.com)

TNews, Minut – Bupati Minut Joune Ganda, SE, Rabu (04/08/2021) menyebutkan untuk warga yang dinyatakan positif Covid-19 melalui hasil test, dan kemudian di isolasi di KM Tatamailau yang adalah salah satu kapal penumpang milik PT.PELNI selain melakukan proses penyembuhan juga melakukan rekreasi sekaligus training. Training dalam artian tidak melakukan latihan cabang olahraga, melainkan melatih diri menjadi agen-agen yang dapat memberikan pencerahan kepada sesama warga terkait penanganan covid 19 di atas kapal.

Rapat Terbatas Pemangku Kepentingan Dua Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung serta pihak PT. PELNI sebagai pengelolah KM Tatamailau yang direncanakan lokasi Isolasi Terapung

Hal ini diungkapkan bupati Minut usai melakukan Rapat Terbatas antara Pemkab Minut, Pemkot Bitung, PT. PELNI serta pihak terkait lainnya, kemudian meninjau kesiapan KM. Tatamailau yang sedang Port Stay, sebagai pusat isolasi mandiri terapung di Pelabuhan Samudera Bitung, yang nantinya operasionalnya adalah bentuk kerjasama dua pemerintah daerah yakni Pemkab Minut dan Pemkot Bitung.  KM. Tatamailau sendiri menyediakan sedikitnya 500 atau setengah dari jumlah ketersediaan tempat tidur yang ada.

Dalam kunjungan ke KM Tatamailau, Bupati Joune Ganda dan Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr. Audy Pangemanan, AP, M.Si didampingi Perwakilan PT.PELNI yakni Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT. PELNI, O.M Sodikin, juga melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bitung, Kementerian Perhubungan Laut.

Bupati JG disambut Sekkot dan Forkopimda Bitung di Pelabuhan Samudera Bitung dalam kunjungan ke KM. Tatamailau

“KM Tatamailau ini diharapkan berfungsi dengan baik untuk menampung warga Minut dan juga Kota Bitung yang melaksanakan isolasi mandiri, ketika dinyatakan positif terpapar Covid-19. Terima kasih juga disampaikan untuk pemerintah provinsi Sulawesi Utara, pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur pak Steven Kandouw yang sudah memfasilitasi sehingga masyarakat Minut dan Bitung dapat melaksanakan Isoman di atas kapal. Dan kita harapkan dengan sinergitas yang terjalin ini, kita bersama dapat memanfaatkan lokasi Isoman di atas kapal, sekaligus memudahkan pengendalian penyebaran Covid-19 di dua daerah,” harap JG didampingi Sekot Bitung Audi Pangemanan.

Bupati Minut Joune Ganda foto bersama beserta jajaran Pemkot Bitung di latari KM Tatamailau

Olih Masolich Sodikin Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) mengetakan pihaknya menyiapkan beberapa kapal yang akan dijadikan sebagai lokasi isolasi terapung.

“Untuk saat ini, selain KM Tatamailau di Bitung, juga ada KM Umsini di Makassar. Untuk KM Tatamailau sendiri, kami menyiapkan 500 tempat tidur dari 1000 kapasitas yang tersedia. Kami juga berharap ini menjadi salah satu solusi oleh PT.PELNI sebagai salah satu BUMN dalam mengatasi pandemi Covid 19 yang terjadi di negeri ini dengan menyediakan kapal sebagai lokasi isolasi warga terinfeksi Covid-19 dalam rangka penyembuhan,” tegas Sodikin. (PCV/Kom)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.