Rivai Ajak Masyarakat Sukseskan Pilsang di Kecamatan Lolayan

0
39
Ilustrasi.

TNews, BOLMONG — Camat Lolayan Abdulrivai Mokoagow mengajak seluruh masyarakat agar ikut bersama-sama menyukseskan Pemilihan Sangadi (Pilsang) di Kecamatan Lolayan.

Seperti diketahui, pelaksanaan pilsang atau pilkades serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun anggaran 2021 saat ini telah memasuki tahapan pendaftaran calon.

Tercatat, sebanyak 96 desa yang tersebar di 15 Kecamatan akan menggelar pesta demokrasi.

Pilsang tersebut akan dijadwalkan pada tanggal 2 Februari tahun 2022 mendatang.

Menurut Rivai, ada sebanyak sepuluh desa yang menggelar pilsang di Kecamatan Lolayan. Dari sepuluh desa tersebut, panitia yang telah terbentuk sudah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar sebagai Calon Sangadi/Kepala Desa.

“Iya, di Kecamatan Lolayan ada sepuluh desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa atau Sangadi. Saat ini, panitia di masing-masing desa telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin maju sebagai calon,” ungkap Rivai, Senin (08/11/2021).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan tahapan pilsang ini, dirinya meminta agar seluruh pihak, terutama panitia dapat mengacu pada regulasi yang telah diatur. Mulai dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 72 tahun 2020 hingga Peraturan Bupati (Perbup) terkait pemilihan kepala desa.

“Termasuk dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di setiap tahapan pelaksanaan pilsang. Begitu juga dengan para calon kepala desa untuk dapat mengikuti prokes dengan ketat. Karena, ada sanksi yang diatur dalam Permendagri, calon yang tidak menjalankan prokes akan didiskualifikasi,” tegas Mokoagow.

Tak hanya soal prokes, Rivai juga meminta agar seluruh elemen masyarakat dapat menjaga Keamanan dan Ketertiban, serta mengikuti pesta demokrasi yang sehat. Sehingga, proses pilsang  akan tuntas dengan lancar dan aman.

“Saya menghimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing guna menyukseskan pesta demokrasi di desa. Mari kita ciptakan demokrasi yang sehat, sehingga akan terwujud pilsang yang berkualitas dan bermartabat,” harap dia.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.