Sejumlah Desa di Bolmong Mulai Laksanakan Musrenbangdes

0
65
Ilustrasi.

TNews, BOLMONG — Sebagai tahapan proses penyusunan dan perencanaan tahap awal di tahun anggaran yang baru, sejumlah desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2022.

Hal itu sebagaimana dikatakan Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Aldy Pudul, Senin (11/01/2021).

Musrenbangdes sendiri kata dia, telah dimulai dari tingkat desa hingga nasional.

“Musrenbang digelar secara berjenjang di tingkat desa sampai nasional sesuai jadwal yang ditentukan. Terinformasi, sudah ada desa yang akan melaksanakan. Jika berjalan sesuai dengan tahapan dan jadwal, maka untuk Musrenbang tingkat Kabupaten bisa dilaksanakan pada bulan Februari nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, Musrenbang menjadi pondasi perencanaan pemerintah untuk menjawab kebutuhan mulai dari tingkat desa hingga nasional.

“Oleh karena itu, pemerintah desa harus dapat memanfaatkan forum Musrenbang untuk menyampaikan kebutuhan di masing-masing desa. Nantinya, semua usulan itu akan ditampung di Musrenbang di tingkat selanjutnya,” uajrnya.

Seperti di Kecamatan Dumoga Tengah misalnya, sejumlah desa saat ini telah melaksanakan Musrenbang tingkat dusun.

Menurut Camat Dumoga Tengah Irmansyah Makalalag, pihaknya telah berkoordinasi dengan 10 Kepala Desa di wilayahnya untuk segera melaksanakan Musrenbang dan memanfaatkan forum tersebut.

“Ada beberapa desa yang sudah melaksanakan Musrembang di tingkat dusun. Saya sudah berkoordinasi dengan para Sangadi (Kepala Desa-red), untuk dapat mencari usulan yang prioritas untuk dibawa di tingkat kecamatan,” tutur Makalalag.

Imran Asiaw

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.