Sekda Minut Buka Kegiatan Pembinaan Akuntansi dan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 Melalui FMIS

0
99
Sekda Minut Ir. Novly Wowiling, MSi ketika mewakili bupati Minut Joune Ganda, SE, MAP, MSi, membuka kegiatan Pembinaan Akuntansi dan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 Melalui FMIS. (Foto : Meiyer/TNews)

Sekda Minut Ir. Novly Wowiling, MSi : Peningkatan kualitas pelaporan keuangan sehingga apa yang sudah dicapai dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang sudah dinilai oleh BPK dengan mendapat opini wajar tanpa pengecualian atau WTP ini, bisa kita capai ulang pada Tahun 2022 melalui penilaian yang akan dilaksanakan secara berjenjang termasuk secara khusus oleh BPK

TNews, Minut Sulawesi Utara – Menambah wawasan pengelolahan keuangan dam singkronisasi pembuatan kertas kerja dalam penyusunan laporan keuangan bagi bandara penerimaan SKPD serta pejabat pengelolah keuangan, Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (10/01/2023) di the Sentra hotel Maumbi, melaksanakan kegiatan Pembinaan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA. 2022 melalui FMIS yang dibuka secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Minut Ir. Novly Wowiling, MSi mewakili bupati yang sedang tugas luar daerah.

Pelaksana Tugas Kaban BPKPDA Minut Carla Sigarlaki saat melakukan pelaporan kegiatan (Foto MT/TNews)

Pelaksana Tugas Kaban BPKDA Minut Carla Sigarlaki dalam laporan kegiatannya, menyebutkan antara lain, makaud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari hingga 10 Januari mendatang, adalah pembuatan kertas kerja dalam penyusunan laporan keuangan serta memastikan kembali bahwa seluruh penginputan data transaksi pendapatan maupun belanja pada aplikasi sudah sesuai.

Sebagian peserta yang adalah pengelolah keuangan SKPD jajaran Pemkab Minut (Foto : MT/TNews)

“Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 110 peserta yang berasal dari 41 SKPD termasuk di dalamnya Puskesmas dan bagian-bagian pada sekretariat daerah diantaranya analis atau Kasubag keuangan berjumlah 41 orang bendahara pengeluaran 62 orang menara penerimaan 7 orang saat ini, hadir juga para kepala OPD ataupun yang mewakili,” kata Carla.
Selanjutnya Kaban mengatakan, selain operator serta panitia pelaksana, kegiatan ini dihadiri oleh narasumber-narasumber yang berasal dari instansi yang berkompeten dalam pengolahan keuangan, dalam hal ini BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Tampak dalam gambar Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Mieke Tumbol, hadir mewakili Kepala Dinas (Foto : MT/TNews)

“Hasil yang diharapkan melalui kegiatan ini, diharapkan terdapat peningkatan kualitas laporan keuangan serta beberapa hal yakni pertama terdapat peningkatan kompetensi pegawai yang memahami dan mampu menyusun laporan keuangan SKPD. Kedua agar supaya penyusunan laporan keuangan SKPD dapat selesai tepat waktu, kemudian ketiga data sumber penyusunan laporan keuangan SKPD dapat tersedia tepat waktu dan sesuai dengan penginputan pada aplikasi FMIS dan terakhir adalah tersedianya kertas-kertas kerja penyusunan laporan keuangan SKPD,” ulas Sigarlaki.

Plt. Kaban PKPDA Minut Carla Sigarlaki, Sekda Minut Novly Wowiling, Kepala BPKP Perwakilan Sulut Beligan Sembiring SE, Ak, CA, QIA, CGCAE dan Asisten III Setdakab Minut Rivino Dondokambey (Foto : MT/TNews)

Sekda Minut Ir. Novly Wowiling MSi menyebutkan target penilaian keuangan yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian harus dipertahankan untuk pengelolahan tahun anggaran 2022 yang terlapor pada bulan Januari 2023.
“Peningkatan kualitas pelaporan keuangan sehingga apa yang sudah dicapai dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang sudah dinilai oleh BPK dengan mendapat opini wajar tanpa pengecualian atau WTP ini, bisa kita capai ulang pada Tahun 2022 melalui penilaian yang akan dilaksanakan secara berjenjang termasuk secara khusus oleh BPK,” tegas Sekda sebelum membuka kegiatan.
Sekda juga menyebutkan atas nama bupati, pemerintah kabupaten dan seluruh perangkat daerah Minahasa Utara menyampaikan apresiasi yang luar biasa serta penghargaan yang tinggi kepada kepala BPKP perwakilan Sulawesi Utara dan seluruh jajaran yang sudah memberikan dukungan.
“Kegiatan hari ini istimewa, sebab dihadiri langsung Kepala BPKP, yang tentu ini akan bermuara pada tujuan yang akan dicapai yaitu terjadi peningkatan kualitas pelaporan yang pada akhirnya tentu akan berdampak pada penilaian BPK yang akan dilaksanakan pada waktu yang dekat,” tutup Wowiling.


Kepala BPKP perwakilan Sulut, Beligan Sembiring SE, Ak, CA, QIA, CGCAE dalam pemaparan awal materinya kepada peserta mengatakan, Keuangan dan kinerja pemerintah daerah serta latar belakang ini terdapat satu fenomena atau bahasa yang sering disebut adalah kegiatan terlaksana tingkat penyerapan tinggi.
“Ini artinya pelaksanaan kegiatan itu selesai dilaksanakan kemudian penerapan anggarannya juga didapatkan selesai, namun hasil yang dirasakan masyarakat kurang optimal,” kata Beligan.
Lanjut Beligan, hal itu bisa terjadi karena memang kegiatan yang dirancang, tidak mengarah kepada dampak. Kita sudah melaksanakan kegiatan dengan sibuk bahkan sampai lembur, kata pria berkacamata ini, tapi sebenarnya kita tidak tahu kalau pekerjaan imi selesai jadinya apa. “Jadi sebenarnya maksud apa dan diketahui dulu, baru bisa dilaksanakan pekerjaan. Kemudian ukuran keberhasilan tidak dirancang dengan baik sehingga kegiatan tidak fokus,”ulasnya.


Salah satu peserta, Mike Tumbol sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Minut mengatakan, kegiatan ini sangat berguna bagi update terhadap pemahaman dan peningkatan kinerja pengelolah keuangan yang disesuaikan dengan aturan dan teknis pengelolahan keuangan yang dilaksanakan saat ini oleh pemerintah kabupaten Minahasa Utara. (Penulis Meiyer Tanod/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.