Bupati Touna Daftar Langsung Sensus Penduduk Secara Online

0
174
Bupati Touna saat lakukan prndaftaran penduduk secara online, dipandu kepala BPS Touna.

TNews, AMPANA – Badan Pusat Statistik (BPS) tengah melakukan sensus penduduk secara online sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020.  Menariknya, Bupati Kabupten Tojo Una Una (Touna) Muhammad Lahay melakukan pendaftaran langsung Sensus penduduk secara online, Rabu (11/03) kemarin usai rapat paripurna di DPRD Touna.

Bupati dipandu oleh kepala BPS Touna Abdul Samad Kadim S.Si saat mendaftar.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statitik (BPS) Kabupaten Touna Abdul Samad Kadim saat ditemui di kantornya mengatakan, BPS mengajak seluruh jajaran ASN di lingkungan instansi masing-masing untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online dengan mengisi data kependudukan secara mandiri melalui situs web sensus.bps.go.id.

“Untuk ASN lingkup pemerintah Daerah kita mulai dari Bupati dan berharap seluruh ASN bisa melakukan pendaftaran secara online. Dimana untuk tahap pertama BPS target 8000 orang sudah terdaftar secara online,” tuturnya.

Diketahui kata Abdul, untuk sensus penduduk secara online kali ini lebih dipermuda dalam pendataan penduduk. “Dimana Masyarakat bisa mendaftar langsung melalui Web yang sudah di siapkan,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, berbeda dengan sebelumnya sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS selama 10 tahun sekali itu tahapannya langsung kerumah rumah. “Nah sekarang dengan perkembangan teknologi pemerintah mencoba merubah dengan dilakukan secara online. Karena program sensus penduduk secara online lebih muda dan lebih menghemat anggaran,” katanya.

Meski demikian, Abdul menjelaskan hingga saat ini pihak mereka masih terus melakukan sosialisasi sensus secara online. “Sosialisasi dimulai dari pusat hingga ke daerah, dan hari ini kita lakukan rakor bersama pemda dengan tujuan semua instansi bisa memahami mengenai sensus penduduk secara online sehingga ini bisa di sosialisasi hingga pelosok daerah Touna. Dengan harapan sensus online inj bisa memasarakat. Sehingga harapan kita kedepan semua sudah tersentuh dengan sensus penduduk secara online 10 tahun kedepan,” ungkapnya.

“Sementara untuk mempermuda masyarakat mengimput data, kita langsung action membantu, selain itu kita lakukan sosialisasi. Diketahui jumlah penduduk di Touna kurang lebih 147.536 ribu jiwa (data 2017),” tutupnya.

 

Dales Lantapon 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.