Dinkes Touna Peringati HGN, Bupati Ajak Masyarakat Selalu Hidup Sehat

0
67
Peringatan Hari Gizi Nasional yang dilaksanakan di taman JH Ampana

TNews, AMPANA – Dalam rangka memeringati hari gizi Nasional (HGN) dinas kesehatan Kabupaten Tojo Una Una mengelar sejumlah kegiatan yang di pusatkan di Taman JH Ampana,Jumatb 13/03 kemarin.Kegiatan peringatan HGN di hadiri dan dibuka langsung bupati Touna Muhammad Lahay ,SE MM.

Dikatakan untuk menjadikan generasi sehat berkualitas diperlukan usaha bersama terkait pemenuhan gizi seimbang.

“Salah satu sasaran strategis adalah usaha mencegah stunting (kerdil), wasting (berat badan terlalu kurus), obesitas (kelebihan berat badan), kekurangan zat gizi mikro (gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil namun sangat penting) dan anemia (kurang darah),” ujar Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE, MM, pada Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 Tahun 2020, yang mengangkat tema Gizi Optimal untuk Generasi Milenial.

Bupati mengatakan, untuk pencegahan stunting, upaya preventif bahkan sudah harus diawasi mulai periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) seorang manusia. Begitu juga dengan wasting, obesitas dan lainnya.

“Namun sebelum itu semua, kecukupan gizi bisa disiapkan sejak remaja. Khususnya bagi remaja putri, yang nantinya akan melahirkan calon generasi penerus,” kata Bupati, Jumat (13/3/2020) pagi di Taman JH Ampana.

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan generasi Indonesia milenial bebas stunting, tahun 2019 lalu Pemerintah Kabupaten Touna turut berkontribusi dalam upaya pembangunan kesehatan dengan mengoptimalkan penanganan stunting.

“Mulai dengan melakukan sosialisasi, pemberian makanan tambahan pada balita, tablet tambah darah (TTD) bagi remaja putri serta pemeriksaan ibu hamil,” ujar Bupati

Bupati juga mengingatkan untuk terus menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, makan buah dan sayur, serta melakukan cek kesehatan teratur.

 

Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.