Besok Enam Tokoh Bangsa Terima Gelar Pahlawan Nasional, Satu Dari Sulut

0
382

TNews, SULUT – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 besok, pemerintah bakal menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh bangsa.

Disampaikan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagaimana dilansir dari berbagai media, keenam tokoh ini akan menerima anugerah Pahlawan Nasional dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

Penganugerahan dan pemilihan calon pahlawan nasional ini sebut menteri telah melalui pertimbangan dari Kementerian Sosial dan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Menariknya, dari enam tokoh ini salah satunya merupakan putra daerah Sulawesi Utara yakni Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu.

Lahir di Manado pada 4 Desember 1898 silam, akrab dikenal Arnold Mononutu, tercatat sebagai Menteri Penerangan di era Presiden Soekarno.

Dari catatan Wikipedia, Mononutu ditunjuk sebagai Menteri Penerangan pada tiga kesempatan yakni Kabinet Republik Indonesia Serikat mulai 20 Desember 1949 hingga 6 September 1950, Kabinet Sukiman-Suwirjo dari 27 April 1951 hingga April 1952 dan Kabinet Wilopo dari 3 April 1952 hingga 30 Juli 1953.

Selain Menteri Penerangan, putra pasangan Karel Charles Wilson Mononutu dan Agustina van der Slot ini juga tercatat sebagai Duta Besar Indonesia pertama untuk Tiongkok, pernah menjadi anggota Majelis Konstituante dan Rektor Universitas Hasanuddin.

Adapun lima tokoh lain yang akan menerima anugerah Pahlawan Nasional adalah Sultan Baabullah dari Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo (Kapolri pertama) DKI Jakarta, Sutan Mohammad Amin Nasution Sumatera Utara dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

 

Sumber: Berita Manado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.