Boy Tumiwa Sebut KUA PPAS Tahun 2023 Seperti tak Sinkron

0
70
Foto: Boy Tumiwa

TNews, SULUT – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut, Boy Tumiwa mengatakan alokasi anggaran yang ditetapkan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2023 seperti tidak sinkron dengan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur. Menurutnya kebijakan anggaran terkesan ragu-ragu bahkan menunjukan tren penurunan dari sisi pendapatan.

“KUA PPAS harus benar-benar nenggambarkan Visi Misi Kepala Daerah, namun ketika dalam uraian kebijakan terkesan ada kehati-hatian bahkan seperti tidak sinkron ini menimbulkan pertanyaan,” kata Tumiwa saat pembahasan KUA PPAS tahun anggaran 2023, Senin (8/8/2022).

Juga politisi senior PDIP ini mengkritik capaian disektor pertanian yang mengalami penurunan dari segi produksi akibat alokasi anggaran yang kurang, sehingga menyebabkan pendapatan petani menurun.” Bagaimana PDRB Daerah kita meningkat jika pendapatan petani lewat sektor pertanian menurun,” tanya Tumiwa.

Dalam kaitan postur APBD tahun 2023 yang ekstra hati- hati, mantan Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan ini mengusulkan terkait pendelegasian anggaran disetiap OPD agar lebih selektif dan efektif sehingga RPJMD dari OD- SK dapat dicapai sesuai target dan bisa tergambar setiap tahun lewat APBD.

(Sheraa Umboh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.