Bupati Minut Bahas IKN di Seminar Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia

0
68
Joune Ganda (foto google)

TNews, SULUT – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda membahas konsep Ibukota Negara (IKN) yang kini dalam tahap pembangunan.

Menurutnya, IKN menjadi contoh baik pembangunan kota yang berkelanjutan yang memiliki konteks dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Gagasan itu disampaikan Joune Ganda pada seminar Pengembangan Perkotaan bertajuk “IKN, City Of Future. What’s Next?” yang diadakan di Gedung IASTH pasca sarjana Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

“Untuk menjadi contoh pembangunan yang baik, maka diperlukan peran berbagai pihak diantaranya adalah pemerintah, masyarakat, pelaku usaha dan akademisi,” kata Joune yang didapuk sebagai ketua panitia kegiatan.

Seminar Pengembangan Perkotaan merupakan agenda Himpunan mahasiswa (HIMA) Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Sekolah Kajian Stratejik Dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) dan dalam rangka Dies Natalis KPP ke-21.

Hadir bersama dalam seminar ini Direktur SKSG Universitas Indonesia Athor Subroto, Ketua Program Studi KPP SKSG Universitas Indonesia Chotib, para dosen, juga narasumber dari Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Presiden Ade Irfan Pulungan, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Agraria, Tata Ruang dan Kawasan, Saanny Iskandar, Prof. Gunawan Tjahjono, serta mahasiswa.

Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur saat ini sudah memasuki tahap perwujudan yang ditandai dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Lewat seminar kali ini, Joune Ganda berharap mahasiswa KPP SKSG UI dapat menghadirkan suatu diskusi yang konstruktif, yang mampu membuka wawasan, memperkaya pandangan, serta menjadikan forum ini sebagai wadah buah pemikiran semua dalam menyikapi pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada HIMA KPP SKSG UI, para pengurus, narasumber yang hadir, dan rekan-rekan mahasiswa, kiranya dengan adanya seminar ini, Universitas Indonesia khususnya prodi KPP SKSG dapat menjadi satu acuan dan pengetahuan untuk kita semua dalam kemajuan negara,” tutup Joune Ganda.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.