Gubernur Olly Dondokambey Ikuti Peluncuran Bantuan se-Indonesia

0
81

TNews, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengikuti secara virtual peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia tahun 2021 di ruang Mapalus Kantor Gubernur, Senin (4/1/2021).Peluncuran Bantuan Tunai tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta.

Terdapat tiga jenis bantuan yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Ditambahkannya, dalam APBN 2021 pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID-19. Kemudian kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” ucap Presiden.Sementara itu, Gubernur Olly usai mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa bantuan akan disalurkan langsung ke masing-masing rekening penerima bantuan.

“Bantuan ini bagi setiap Kepala Keluarga Penerima bantuan by name by address itu akan langsung masuk ke rekening mereka masing-masing,” ujar Olly.

Adapun Kadis Sosial Sulut Rinny Tamuntuan menerangkan bahwa keluarga penerima bansos tahun 2021 kali ini memang berbeda karena akan disesuaikan dengan masing-masing komponen yang ada di setiap keluarga.

”Itu tergantung komponen yang ada mulai dari keluarga yang memiliki balita Keluarga yang memiliki anak usia Sekolah SD SMP dan SMA, kemudian lansia dan juga bagi penyandang disabilitas,” ujar Kadis Sosial Sulut.

Rinny Tamuntuan merincikan, bantuan ibu hamil Rp3 juta per tahun, anak usia sekolah SD Rp900 ribu per tahun, siswa SMP Rp1,5 juta per tahun dan anak SMA Rp2 juta.

Adapun Bantuan Sosial Tunai bagi setiap Keluarga akan mendapatkan Rp300 ribu dan untuk program sembako setiap bulan akan menerima Rp200 ribu.

Sebagai informasi, jumlah Keluarga Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Sulut mencapai 160.000 penerima dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 94.362 keluarga penerima manfaat.

Sedangkan Program Keluarga Penerima Sembako sebanyak 160.067 keluarga penerima bantuan.

 

Sumber: detik.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.