Gubernur Sulut Ajukan 3.000 Formasi CPNS dan 2.000 PPPK ke Pusat

0
490

TNews, SULUT – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengajukan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ke pusat. Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu mengatakan, jumlah itu untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Provinsi Sulut “Kita tentu berharap usulan ini disetujui sehingga Sulut mendapat kuota CPNS dan PPPK dibutuhkan,” kata Kawatu, Kamis (4/3/2021).

Dari jumlah itu formasi yang diajukan masih didominasi tenaga guru dan kesehatan. Ia mengakui, saat ini tenaga guru dan kesehatan mendesak dibutuhkan Pemprov Sulut. Kawatu menyampaikan, soal kebutuhan pegawai, tahun ini saja pengawai bakal berkurang lagi karena akan pensiun sekitar 500 orang. Jika dihitung pegawai PNS yang keluar tak seimbang dengan yang direkrut “Yang masuk baru-baru 400 orang,” kata dia.

Pemprov Sulut masih kekurangan tenaga kesehatan. Padahal provinsi siap mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulut di Jalan Bethesda, Kota Manado. Kondisi ini membuat, Pemprov melakukan perekrutan tenaga kesehatan berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) Para THL ini akan dikontrak dengan jangka waktu setahun. Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu memberikan arahan perdana bagi para tenaga kesehatan di Graha Gubernuran, Rabu (3/3/2021)

Hadir juga Kepala BKD Femmy Sulut, Kepala Bapelitbang Jemmy Lampus, kepala BPSDM Roy Tumiwa, dan Direktur RSUD Provinsi Sulut dr Inggrid Giroth Adapun para THL terdiri dari Dokter ahli, dokter umum, perawat, dan tenaga administrasi. “Kita akan lakukan  simulasi kerja awal, sambil menunggu RS rampung,” kata dia.

Adapun RSUD Provinsi Sulut sementara dalam tahap penyesaiam akhir pembangunan , diperkirakan April 2021 akan beroperasi. Kawatu mengatakan, untuk simulasi kerja akan dilakukan di RS Lapangan Kitawaya, terletak di depan Gedung Cengkih DPRD Sulut “Anda dikontrak dalam kontrak ada hak kewajiban Kalian sah keluarga besar Pemprov Sulut dengan ada SK gubernur,” ungkap dia.

Kalau bagus dilanjutkan, lebih bagus lagi akan diberi kesempatan untuk pengangkatan CPNS sesuai mekanisme Para THL akan mendapat honorarium setara UMP, jaminan kesehatan dan jaminan ketenagakerjaan “Ada plus untuk tenaga dokter spesialis. Setiap bulan dibayarkan,” ujarnya.

Kawatu menyampaikan, mengapa THL diperlukan di RS daerah, karena PNS agak terbatas. Sementara dadi dulu sampai sekarang kesehatan kebutuhan dasar manusia. Kawatu mengingatkan para THL dituntut juga  kewajiban melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan berlaku.

Harapan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw RSUD Provinsi Sulut bisa menjadi RS beraraf internasional “Ke depannya orang berobat tidak lagi ke Penang atau ke Singapura, dari Indonesia timur rujuk ke Manado di RS yang dikelola provinsi maupun swasta,” ujarnya.

 

Sumber : tribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.