Gubernur Sulut Beri Izin Lepas Masker ke Masyarakat Yang sudah Booster

0
52
Olly Dondokambey

TNews, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memberi izin melepas masker bagi masyarakat Sulut yang sudah lengkap vaksinasi Covid-19 hingga tahap booster.

Hal tersebut disampaikan Olly Dondokambey di sela-sela puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Provinsi Sulut yang dipusatkan di SMA Guru Lombok, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (18/5/2022).

Di hadapan ratusan siswa, Olly juga membolehkan melepas masker ke sekolah asalkan sudah mendapatkan vaksin booster.

“Silakan buka masker ke sekolah kalau sudah booster. Begitu juga masyarakat yang berakfititas di luar ruangan,” kata Olly yang disambut tepuk tangan para pelajar.

Olly pun mengimbau yang belum melengkapi vaksinasi segera mendatangi layanan kesehatan terdekat.

Dikatakan, vaksinasi booster terbukti efisien mencegah dari paparan virus.

“Segera booster demi demi kesehatan dan kenyamanan kita semua,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan kelonggaran kepada masyarakat melepas masker di area terbuka.

Pasalnya, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia makin terkendali, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” kata Jokowi melansir Suara.com jaringan BeritaManado.com, Selasa (17/5/2022).

Namun demikian, pelonggaran itu hanya berlaku di luar ruangan dan bukan di ruangan tertutup atau transportasi massal.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, boleh tidak menggunakan masker. Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” katanya.

Bagi masyarakat rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

“Masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” jelasnya.

Bagi pelaku perjalan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap juga tidak perlu melakukan tes usap.

“Bagi pelaku perjalan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” tukasnya.

 

Reporter : Shera

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.