Hendry Walukouw : Alokasi Anggaran APBD Untuk Peningkatan SDM ASN Jangan Hanya Dinikmati Segelintir Orang

0
82
Hendry Walukow

TNews, SULUT – Sekertaris Komisi I DPRD Sulut Hendry Walukow mengusulkan agar upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemerintah Provinsi Sulut, sebaiknya melibatkan banyak kelomook yang dipilih dari OPD yang orientasi tupoksi pada pelayanan publik. Hal ini disampaikan Walukouw mengkritik kerja sama Pemprov dengan salah satu Perguruan Tinggi di luar Daerah dalam rangka peningkatan SDM.

“Kerja sama dengan Perguruan Tinggi Swasta di luar daerah dengan biaya mahal sehingga hanya mereka yang terpilih yang akan ikut dan itu dalam jumlah terbatas juga baik, tetapi apakah tidak lebih baik jika kerja sama dengan PTS di Sulut yang kwalitasnya juga tidak kalah, dengan biaya yang lebih murah dan dapat diikuti oleh ASN dalam jumlah banyak itu saya kira lebih efektif,” kata Walukow..

Ketua Fraksi Demokrat ini juga mengatakan, manfaat penggunaan anggaran peningkatan SDM ASN yang telah dianggarkan dalam setahun yang dimanfaatkan kepada 50 orang itu akan lebih baik dan sudah pasti dapat menghasilkan tenaga ASN Profesional.” Dibandingkan kerja sama PTS diluar daerah dan hanya mengutus 1- 5 orang dengan biaya yang sama akan lebih bermanfaat kerja sama dengan PTS di daerah dengan 100 orang,” tegas Walukow saat RDP bersama Badan Kepegawaian Provinsi.

Menanggapi usulan tersebut, Kepala BKD Pemprov Sulut Clay Dondokambey menyampaikan beasiswa bagi ASN sampai dengan tahun 2022 ini sudah dilaksanakan, bahkan sudah ada ASN yang lanjut pendidikan di Universitas Indonesia,Universitas Gadjah Mada dan bahkan sampai pada IPDN.” Pemanfaatan anggaran sudah direalisasikan, bahkan hingga bulan terakhir, Clay menjelaskan telah disalurkan kepada 25 orang untuk pendidikan S2 dan 11 orang untuk S3,” jelas Dondokambey..

Untuk diketahui Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawa pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw tahun 2022 khusus ASN dianggarkan sebesar Rp3,6 miliar.

 

Sheraa Umboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.