KPU Minahasa Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

0
27
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto (rakyatmerdeka)

TNews, SULUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi dengan pemangku kepentingan tentang tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, bertempat di Yama Resort Tondano, Jumat (14/10) siang.

Rakor ini dibuka Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd MPd, dan dihadiri para narasumber seperti Kaban Kesbangpol Linmas Minahasa Yanny Moniung, Kapolres Minahasa melalui Kasat Intel AKP Destam Dumat dan Ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa Erwien Sumampouw SP MAP.

Komisioner KPU Lidya Malonda, Rendy Suawa SH, Kristoforus Ngantung SFils dan Pieter Maweikere, serta wartawan biro Minahasa.

“Sosialisasi ini penting, itulah sebabnya kami mengundang seluruh wartawan biro Minahasa untuk menjadi mitra dalam mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu 2024 di KPU Minahasa,” tukasnya.

Sesuai PKU nomor 3 tahun 2022, saat ini KPU Minahasa memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih, yang diawali dengan penyerahan agregat data kependudukan ke KPU dari Kementerian Dalam Negeri, sedangkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) nanti akan diserahkan bulan Desember mendatang.

“Sejak April lalu memang kami sudah melakukan pemutakhiran data berkelanjutan non tahapan, dan saat ini kita memasuki tahapan pemutakhiran secar jadwal,” kata Kadiv Data dan Informasi, Lidya Malonda.

Kadiv Teknis Kristoforus Ngantung mengatakan, terkait dengan teknis penyelenggaraan, sejak 1 Agustus 2021, diawali dengan pendaftaran dan verifikasi, yang kemudian sudah ditetapkan Partai Politik Pemilu 2024.

“Pendaftarannya memang terpusat di KPU RI, melalui Sistem Informasi Partai Politik, dan hari ini sudah berakhir tahapan verifikasi administrasi, yang mana ada 18 Partai Politik yang lolos, yang nantinya akan dilakukan verifikasi faktual dan kemudian ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024,” terang Ngantung, sembari berharap peran Media Massa di Minahasa bisa mengambil bagian dalam tahapan Pemilu 2024 ini melalui pemberitaan.

Kadiv Hukum dan Pengawasan Rendy Suawa dalam penjelasannya menyampaikan bahwa, sejauh ini jalannya tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan baik. “Untuk saat ini pengawasan dalam koridor hukum dilakukan secara internal. Harapan kami, Pemilu 2024 di Kabupaten Minahasa berjalan dengan baik dan bisa selesai tanpa ada masalah hukum atau pelanggaran hukum,” ujarnya.

Kadiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Pieter Maweikere mengatakan, pihaknya akan melaksanakan seluruh kegiatan dan tahapan ini secara profesional. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu 2024 ini kepada masyarakat, dan harapan kami Media Massa di Minahasa bisa menjadi bagian penting dalam sosialisasi ini,” ujarnya.

Sumber : sulutnews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.