Liputo Minta Persoalan Kesehatan di Sulut Harus Jadi Perhatian Khusus

0
33
Liputo Minta Persoalan Kesehatan di Sulut Harus Jadi Perhatian Khusus
Amir Liputo
TOTABUANEWS, MANADO – Masalah dibidang kesehatan dan bidang pendidikan menjadi perhatian khusus dari salah satu anggota Pansus RPJMD, Hi Amir Liputo. Menurut data, penderita katarak, diabetes melitus dan stroke serta obesitas secara nasional sulut merupakan terbesar, hal ini tentunya harus diberi perhatian khusus.
Pernyataan Liputo tersebut terungkap saat rapat pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, Jumat (24/6/16), antara Pansus RPJMD dengan pihak eksekutif selaku Pokja.
“Kami mengusulkan tiga masalah ini diberi perhatian khusus, karena menurut data penyakit katarak, secara nasional sulut terbesar, begitu juga dengan diabetes melitus dan stroke terbanyak ada disulut kemudian yang ketiga obesitas tertinggi ada di sulut. Ini data yang disajikan, jadi saya coba compare dengan data kesehatan. Dan kami mohon ini mendapat perhatian khusus dari Dinkes,” tukasnya.
Selain itu juga, Liputo menjelaskan bahwa dirinya sangat konsisten dengan pendidikan yang ada di daerah sulut, karena dalam pembahasan RPJMD 2016-2021 dirinya melihat kedua permasalahan tersebut belum tergambar dalam RPJMD.
” Kami mohon sekiranya beasiswa khusus penyelesaian studi bagi para masyarakat kurang mampu di sulut untuk bisa dimasukan dalam RPJMD ini. Bukan untuk PNS, akan tetapi khusus untuk masyarakat biasa, sebab kalau selama ini kami melihat untuk S1 dan S2 lebih banyak ditujukan untuk ASN,” jelasnya.
Politisi senior yang diusung oleh partai PKS ini juga mengusulkan agar para masyarakat kurang mampu yang berada di daerah perbatasan bisa mengenyam pendidikan hingga S1 ataupun S2.
” Coba kalau 1000 orang dikali 10 juta kan 10M. Saya kira kalau kita anggarkan itu amat mulia. Coba kita anggarkan 5 tahun, kedepan tercipta ada 1000 anak kurang mampu yang menyelesaikan S1 yang dibiayai oleh APBD,” pungkas Liputo sembari menambahkan bahwa dulu sulut dibanggakan karena memiliki IPM no 1.
David Rumondor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.