Merasa Kurang Diperhatikan, Pimpinan PTS di Sulut Mengadu ke DPRD

0
11
Pimpinan PTS di Sulut foto Bersama dengan Ketua DPRD Sulut

TNews, SULUT – Komisi IV DPRD Sulut menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama pimpinan perguruan tinggi swasta yang ada di Sulawesi Utara. Pada pertemuan yang dihadiri langsung Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andy Silangen tersebut menjadi ajang curhat bagi Pimpinan PTS mereka meminta agar DPRD Sulut dapat memfasilitasi mereka dengan bantuan pendidikan mengingat keberadaan PTS dibawa Asisiasi Penyelengara Perguruan Tinggi Swasta Manado kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Kami DPRD bisa merasakan kesulitan yang dihadapi oleh PTS di Sulut dan kami akan berusaha lewat APBDP yang akan segera dibahas untuk bagaimana memikirkan apa yang menjadi aspirasi karena kami peduli dengab pendidikan, sebab jika penyelenggaraan pendidikan baik maka akan menghasilkan SDM yang juga berkwalitas,” kata Silangen.

Dalam dialog yang juga dihadiri Ketua Komisi IV Vonny Paat, Anggota Agustin Kambey dan Yusra Alhabsy diterima aspitasi agar DPRD dapat melobi pemerintah pusat lewat Kementrian Pendidikan agar di Sulawesi Utara dapat berdiri Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) yang nantinya dapat memberikan multiplier effect bagi penyelenggaraan PTS di wilayah Sulut. “Kami meminta agar DPRD dapat mengawal aspirasi kami agar LLDikti dapat berdiri di Sulut, selain dapat mengalokasikan bantuan pendidikan,” kata Yan Polii Ketua STIE Swadaya Manado.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Sulut Vonny Paat mengatakan Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan bantuan pendidikan sehingga telah mengalokasikan lebih dari 20 persen dari APBD. “Sudah banyak bantuan bagi PTS meskipun belum semua karena pemerintah sangat pesuli dengan Pendidikan,” kata Paat.

RDP yang digelar Selasa (13/9/2022) tersebut dihadiri sekitar 30 PTS di Sulut dibawa koordinasi asosiasi badan penyelenggara PT Swasta di Sulut.membahas keterpurukan keuangan, Aset bahkan Sumber Daya Manusia yang saat ini dihadapi oleh hampir semua PTS di Sulut yang menampung 1.124 Dosen dan kurang lebih 30.000 Mahasiswa.

 

Sheraa Umboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.