OD-SK Diminta Tak Terburu-buru Ganti Sekprov

0
240
Ishak Sugeha

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Adanya wacana pergantian Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut yang kini diduduki oleh putra Bolmong Raya Rahmat Mokodongan, mengundang komentar dari tokoh politik Kotamobagu.

Ishak Sugeha, Ketua DPC Partai Demokrat Kotamobagu berharap kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, tidak terburu-buru mengganti posisi Sekprov.  “Siapapun yang dianggap layak dan kompeten untuk memegang posisi sekprov menggantikan Rahmat Mokodongan, saya sarankan kepada Gunbernur sebaiknya itu dilakukan setelah 6 bulan kepemimpinan gubernur,” tegas Ishak.

Menurut Ishak, pergantian itu memang sangat erat kaitannya dengan kewenangan Gubernur yang baru terpilih. Namun secara etika birokrasi sebaiknya dilakukan setelah proses evaluasi kebirokrasi normal pascah enam bulan kepemimpinan pemerintahan baru.

“Ini juga untuk menghindari persepsi politik negatif terkait keterwakilan dan posisioning kedaerahan. saya yakin pak Olly sangat memahami langkah taktis politik seperti itu,” kata Ishak.

Disisi lain kata Ishak, pergantian Sekprov harus diimbangi dengan keterwakilan birokrat BMR di kabinet. “Minimal 5 eselon 2 yang diposisikan sebagai keterwakilan 5 daerah yg ada di BMR. inilah konsep politik akomodatif,” tandas Ishak.

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.