Pemkab Minahasa Tenggara Siap Berikan Vaksin Booster

0
36
Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu

TNews, SULUT – Vaksin booster mulai diberikan oleh pemerintah pusat hari ini, namun untuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pemberian vaksin akan dimulai pekan depan.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu, di ruangannya, Rabu (12/1/2022).

“Untuk Minahasa Tenggara, sesuai petunjuk secara resmi akan dimulai Senin pekan depan. Pastinya Vaksin booster ini gratis,” ungkap Helny Ratuliu.

Namun menurutnya, jika ada warga yang sudah bersedia menerima vaksin booster dalam waktu dekat ini, dapat segera mendaftarkan diri agar segera bisa menerima vaksin booster.

“Sesuai petunjuk, kalau ada warga yang sudah mau divaksin booster segera, bisa daftar di Puskesmas dan akan dilayani,” pungkasnya.

Adapun dikatakannya, untuk vaksin booster yang akan diberikan adalah jenis astrazeneca dan moderna.

“Vaksin booster akan diberikan bagi warga usia di atas 18 tahun yang sudah menerima vaksin kedua dengan rentang waktu sekitar enam bulan,” jelasnya.

Lanjut dikatakannya, vaksin booster ada yang homolog dan heterolog, di mana Homolog berarti vaksin pertama dan kedua atau vaksin primer sejenis dengan vaksin ketiga atau booster.

Sedangkan heterolog vaksin boosternya berbeda dengan vaksin primer atau utama yang diterima sebelumnya.

“Untuk sasaran utama adalah lanjut usia dan kelompok rentan. Namun kami tidak menutup kemungkinan untuk warga di luar sasaran tersebut yang ingin divaksin booster,” ujarnya.

Sementara sesuai kajian, untuk vaksin booster hanya akan diberi setengah dosis dari pemberian vaksin primer, sebab perbedaan apatiter antibodi yang terbentuk antara pemberian satu dosis dan setengah dosis booster tidak begitu signifikan.

Adapun dijelaskannya, pemberian vaksin booster belum berlaku di semua daerah, sebab hanya daerah yang vaksinasi di atas 70 persen yang bisa menerima vaksin booster.

“Di Sulawesi Utara ada 10 kabupaten/kota yang sudah bisa memberikan vaksin booster, Mitra ada di urutan kedua karena capaian vaksinasi sudah 86 persen,” tutupnya.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.