Pemkab Mitra Evaluasi Perkembangan Desa dan Optimalisasi Efektivitas Kinerja Pemerintah Desa

0
34
(foto beritamanado)

TNews, SULUT – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melakukan Evaluasi Perkembangan Desa dan Optimalisasi Efektivitas Kinerja Pemerintah Desa, di Sport Hall Kantor DPRD, Selasa (21/12/2021).

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan dan Desa ini dihadiri langsung oleh Bupati James Sumendap, Wakil Bupati Jesaja Legi, dan Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati James Sumendap memberikan beberapa pesan bagi seluruh hukum tua, salah satunya bekerja secara maksimal demi kemajuan desa agar terus dipercaya masyarakat.

“Hukum tua harus bekerja maksimal dan berani ambil tantangan,” ungkap James Sumendap.

Dalam ungkapannya ‘Ilmuwan bilang, tidak perlu takut selama mengerti matematika dan ilmu pengetahuan’, tersirat makna bahwa hukum tua harus berani membuat suatu terobosan dan tak perlu khawatir selama tujuannya jelas dan terukur, serta sesuai koridor aturan yang ada.

Untuk maksud tersebut, para hukum tua juga dituntut untuk terus mengembangkan potensi diri agar mampu mengambil kebijakan yang tepat.

Pemberian bantuan bagi juara lomba desa di Mitra dan penandatangan hibah aset Penerangan Jalan Umum (PJU) ke pemerintah desa.

Di lain pihak, Sekretaris Daerah David Lalandos mengatakan, hukum tua untuk terus membenahi administrasi di desanya, terutama berkaitan dengan surat pertanggungjawaban (SPJ).

Sebab menurutnya, hal ini adalah salah satu masalah uang kerap kali ditemui dalam pengelolaan dana desa.

“Pelaksanaan kegiatan harus beriringan dengan dokumen pertanggungjawaban. Jadi benahi seluruh SPJ agar tidak bermasalah di kemudian hari,” katanya.

Sebab dikatakannya, desa adalah ujung tombak pemerintah daerah dan pihaknya tidak ingin pemerintah desa tersandung masalah karena persoalan administrasi yang kurang baik.

Karena itu dirinya berharap agar pemerintah desa tidak anti dengan Inspektorat, melainkan memanfaatkan fungsi pembinaan yang ada di instansi tersebut.

“Inspektorat adalah instansi yang ditugaskan untuk lakukan pembinaan kepada seluruh aparatur pemerintahan, termasuk di desa. Jadi jika ada hal yang sulit terkait SPJ, koordinasi dengan Inspektorat,” tutupnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten 1 Setdakab, Jani Rolos, Inspektur Marie Makalow, dan Kepala Dinas PMD, Arnold Mokosolang, serta seluruh pemerintah desa di Mitra.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.