Pemprov Sulut ‘Take Over’ Masalah Sampah di Manado

0
112

 TNews, SULUT – Pembangunan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Regional Mamitarang di Ilo-Ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terus dipacuh.
Ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dalam mentakeover permasalahan sampah di Kota Manado.

TPA Ilo-ilo dibangun dengan biaya anggaran dari pemerintah pusat pada tahap pertama sebesar Rp124 miliar dan tahap kedua Rp100 miliar.

Pekerjaan multi year ini, sesuai progres sudah mencapai 13 persen yang diperkirakan pada bulan Desember 2021 nanti telah rampung dan sudah mulai beroperasi.

“Semoga dengan hadirnya TPA Regional ini, dapat mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado, Minahasa Utara dan sekitarnya,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Sekretaris Provinsi Edwin Silangen saat melakukan kunjungan kerja ke TPA Ilo-ilo, Senin (1/02/2021).

Selain itu hasil dari pengolahan sampah ini akan diproses menjadi energi melalui PLTSa di mana listrik yang dihasilkan mencapai 10 MW untuk 1000 ton sampah per hari.

“Nantinya, hasil dari pengolahan sampah ini akan diolah menjadi energi listrik. Kami mohon doa dan dukungan semuanya, agar pekerjaan pembangunan TPA dapat selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” ujarnya.
Ikut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Sulut Steve Kepel, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sulut Adolf Tamengkel, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Frangky Manumpil.

 

Sumber: Berita Manado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.