Peneliti LSI Sebut OD Ungguli Jauh Penantang

0
51

TNews, SULUT – Konstalasi politik memang tidak statis, selalu dalam tiap waktu mengalami perubahan. Berdasarkan rilis yang disampaikan Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (9/8/2020) menyebutkan poin elektabilitas yang saat ini diraih Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey (OD) sebagai petahana begitu tinggi. Posisi elektabilitas yang melambung itu menyulitkan para penantang, menurut Ikrama Masloman, Peneliti Senior LSI.

‘’Berdasarkan data, posisi petahana masih perkasa. Pak OD elektabilitasnya jauh lebih unggul tinggalkan petahana. Terbaca pendukung militan OD 47%, Ibu Tetty Paruntu 6,2%, Elly Lasut 5,3, GS Vicky Lumentut 2,5%, setelahnya ada Ibu Vonny Panambunan dan Pak Vreeke Runtu. Beliau meninggalkan penantang dengan spasi yang cukup jauh tertinggal. Ini bertanda ketika dapat dipertahankan sampai hari H pemilihan, petahana sudah pasti menang telak,’’ ujar Ikrama saat diwawancarai wartawan di Hotel Aston Manado.

Lanjut Ikrama menyebutkan tentang rival OD sampai saat ini belum ada yang menonjol. Hal itu bukan tanpa alasan, melainkan data empiris yang disajikan Konsultan Citra Indonesia (KCL) LSI Networking per April 2020 mendapati dimana pompetitor petahana yang muncul, elektabilitasnya di bawah 10%. Kemudian, untuk penyebaran dukungan keinginan petahana menjabat merata di semua teritori.

“Belum ada lawan OD yang tangguh dalam Pilgub Sulawesi Utara tahun 2020 ini. Jika taka da pergerakan yang signifikan dalam peta politik, maka peluang OD menang sangat besar. Selanjutnya, dari VI (enam) Dapil di Sulut yang paling tinggi keinginan masyarakat agar petahana menjabat kembali adalah di Dapil VI yakni 79%, kemudian diikuti Dapil III yang menginginkan 77,1%, Dapil V 70% dan Dapil II terdiri atas 69%,’’ ucap Ikrama.

Selain itu, Ikrama menjelaskan bahwa mengapa elektabilitas petahana sangat kokoh?, indicator yang dipakai yakni berdasarkan kinerja. Hasil survei menyebutkan sebesar 85,5% masyarakat Sulawesi Utara yang menyatakan petahana sangat berhasil dan cukup berhasil. Masyarakat mengaku puas dengan apa yang dilakukan Olly selama 1 periode memimpin daerah ini.

‘’Tingkat kepuasan kinerja dari petahana Olly Dondokambey di atas 80%, itu sebabnya elektabilitasnya makin meroket. Olly kokoh, melalui raham kebijakan yang dirasakan langsung masyarakat. Kebijakan Olly-Steven sebagai Gubernur dan Wagub Sulut mendapatkan nilai cukup puas 58,7 58,5% dan sangat puas 26 17,8%. Total masyarakat yang sangat puas dan cukup puas dengan kinerja Olly Dondokambey sebagai petahana sebesar 84,7%. Ini sangat mantap dan luar biasa sebetulnya,’’ kata Ikrama menutup.

Tidak hanya itu, Olly juga paling populer dan disukai masyarakat. Posisi Olly menempati urutan tertinggi dari Elly Lasut, Steven Kandouw, GS Vicky Lumentut, Christiany Paruntu, Vonny Panambunan, Stevanus Vreeke Runtu, James Sumendap, Wenny Warouw, Herson Mayulu, Yasti Soepredjo, Yanni Tuuk, Jimmy Eman, Sehan Salim Landjar, Ronny Franky Sompie, Siswa Rahmat Mokodongan dan Jimmy Tampi dengan popularitas 90,5% dan dengan tingkat kesukaan terhadap Olly yaitu 91,4%.

 

Sumber: Sulut today

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.