PKP Terancam Gigit Jari di “Pertarungan” AKD DPRD Bitung

0
39
(foto google)

TNews, SULUT – Kader Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kini berganti nama Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) di DPRD Kota Bitung terancam gigit jari di “perebutan” Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

Pasalnya, jelang jadwal pembentukan AKD awal bulan Februari nanti, dari enam fraksi di DPRD Kota Bitung, PKPlah yang sampai saat ini dikabarkan belum melakukan lobi-lobi.

Berbeda dengan fraksi lainnya yang mulai intens melakukan lobi-lobi untuk memuluskan target penempatan kader di AKD, PKP sendiri terkesan pasif dan itu dibuktikan dengan pernyataan Ketua DPK PKP Kota Bitung, Nabsar Badoa.

Dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Nabsar yang saat ini tersandung masalah penyalahgunaan bantuan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI di Kelurahan Batuputih, enggang memberikan komentar lebih terkait perebutan AKD.

“Kawan, kita belum bisa memberikan keterangan lebih. Karena itu rananya partai dan fraksi,” kata Nabsar.

Dirinya juga mengakui belum melakukan rapat fraksi terkait persiapan AKD, seperti fraksi lainnya yang sudah dalam tahap lobi-lobi setelah melakukan rapat internal fraksi.

Berbeda dengan PKP, dua fraksi “gemuk” lainnya, yakni PDI Perjuangan dan NasDem malah sudah adu strategi untuk mengincar komisi yang diinginkan.

Dari informasi, PDI Perjuangan mengincar posisi ketua Komisi I yang saat ini masih dipegang Fraksi NasDem.

Namun informasi itu dibantah Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Geraldi Mantiri yang menyatakan pihaknya belum mendapat arahan dari Ketua DPC untuk mengambil posisi ketua komisi berapa.

“Kalau target pasti ada, tapi sampai saat ini belum ada arahan dari Ketua DPC. Intinya, jelang pemilihan AKD, Fraksi PDI Perjuangan sementara melakukan komunikasi dengan fraksi lain,” kata Geraldi, Kamis (20/01/2022).

Geraldi sendiri mengakui, AKD adalah salah satu posisi yang sangat berpengaruh dalam struktur DPRD, sehingga pihaknya jauh-jauh hari sudah membuka komunikasi dengan fraksi lain.

Apalagi kata dia, PDI Perjuangan terus menjaga komitmen untuk terus menjadi garda paling depan menyuarakan aspirasi masyarakat di ruang parlemen.

“Beranjak dari motivasi itu, PDI Perjuangan tidak terburu-buru menempatkan kader di pimpinan komisi,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi NasDem, Ramlan Ifran juga menyatakan pihaknya sudah intens melakukan komunikasi dengan fraksi lain dalam kaitannya pemilihan AKD.

Anggota Komisi III DPRD Kota Bitung ini malah menyatakan, Fraksi NasDem menargetkan posisi pimpinan di salah satu komisi.

“Untuk menentukan komisi berapa, saya belum bisa tentukan saat ini. Tapi, intinya target NasDem masuk dalam pimpinan komisi,” kata Ramlan.

Adapun enam fraksi di DPRD Kota Bitung adalah;

Fraksi PDI Perjuangan

Ketua, Geraldi Mantiri

Fraksi NasDem

Ketua, Glen Lomban

Fraksi PKPI

Ketua, Lanny Sondakh

Fraksi Goklar

Katua, Erwin Wurangian

Fraksi Demokrat Persatuan Indonesia

Ketua, Lady Lumantow

Fraksi Amanat Indonesia Raya

Ketua, Hasan Suga.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.