Putra Sulut Herwyn Malonda Terpilih Sebagai Komisioner Bawaslu RI Periode 2022 – 2027

0
276
Herwyn Malonda

TNews, JAKARTA – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) telah menetapkan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta lima komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang terpilih melalui fit and proper test terbuka, di Gedung DPR RI, Rabu (16/2/2022).

Menariknya, salah satu putra dari Sulawesi Utara (Sulut) yakni Herwyn Jefler Hielsa Malonda ada diantara lima besar komisioner Bawaslu RI yang lolos dalam fit and proper test.

Diketahui Herwyn Malonda pun hingga kini masih menjabat Ketua Komisioner Bawaslu Sulut.

Herwyn Malonda sendiri ketika dimintai tanggapan melalui telepon seluler tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sulut.

“Terima kasih untuk dukungan doa dan moril dari masyarakat Sulut serta keluarga kepada saya dari awal hingga saat ini, dan puji Tuhan proses seleksi Bawaslu RI berjalan sesuai dengan harapan,” ungkapnya dengan penuh rasa syukur.

Selain menetapkan lima Komisioner Bawaslu RI terpilih, Komisi II DPR RI juga menetapkan 7 Komisioner KPU RI. Sayangnya, salah satu juga perwakilan Sulut calon KPU RI Yessy Momongan hanya bisa menempati daftar tunggu 14 besar atau masuk pada urutan 13.

Sementara Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim memastikan proses fit and proper test berjalan dengan baik dan sukses, hingga menetapkan hasil anggota KPU maupun Bawaslu RI.

“Sampai tadi malam fit and proper test berlangsung sukses dan selesai dengan baik,” ungkap Luqman kepada awak media.

Ditegaskan Luqman, keputusan yang diambil oleh Komisi II DPR RI sesuai dengan hasil dari  fit and proper test kemudian ditetapkan melalui sidang. “Jadi, Komisi II pada prinsipnya mengacu pada hasil fit and proper test, dan nama-nama yang telah ditetapkan merekalah yang terpilih sebagai anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027,” tegas Luqman.

Perlu diketahui, ada beberapa proses atau tolak ukur dalam penentuan calon anggota KPU dan Bawaslu RI yang dilakukan Komisi II DPR RI. Beberapa pertimbangan objektif diantaranya kualitas, kapasitas, pengetahuan kepemiluan, komunikasi, inovasi serta kreatifitas.

Tujuh nama anggota KPU RI terpilih dan lima nama anggota Bawaslu RI terpilih akan dibahas dalam sidang paripurna DPR RI kemudian dilantik oleh Presiden Jokowi. (Kon/TNews)

* Berikut Daftar Nama KPU dan Bawaslu RI Terpilih

Komisi Pemilihan Umum:

  1. Betty Epsilon Idroos
  2. Hasyim Asy’ari
  3. Mochammad Afifuddin
  4. Parsadan Harahap
  5. Yulianto Sudrajat
  6. Idham Holik
  7. August Mellaz

Badan Pengawas Pemilu:

  1. Lolly Suhenty
  2. Puadi
  3. Rahmat Bagja
  4. Totok Haryono
  5. Herwyn Malonda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.