Sandiaga Uni dan Olly Dondokambey Dukung FPSL 2022 di Bitung

0
99
Foto (gawai.co)

TNews, SULUT – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) dan Gubernur Sulawesi Olly Dondokambey, mengajak semua masyarakat untuk mendoakan, mendukung dan mensukseskan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022.

FPSL tahun 2022, akan berlangsung mulai Kamis sampai Senin (6-10/2022) di Satuan Patroli (Satrol) Lantamal VIII Koarmada II Manado.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Pemerintah Kota Bitung dan seluruh pihak terkait atas penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022. Event ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), dengan Tema Lets Explore With Happiness,” kata Menparekraf RI Sandiaga Uno, Rabu (5/10/2022).

Mas Menteri begitu sapaan Sandiaga Uni, berharap dengan event FPSL dapat bangkitkan kembali semangat kolaborasi seluruh elemen masyarakat, angkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lestarikan budaya mewujudkan parekref ramah lingkungan serta berdampak positif dalam menggerakkan, roda perekonomian Indonesia, khususnya Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Tak lupa juga, Mas menteri berpesan dalam pelaksanaan event pariwisata ini untuk menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Majukan pariwisata dan ekonomi kreatif bersama rakyat Indonesia. Terima kasih untuk pak Walikota sudah hadir dalam peluncuran FPSL di Kantor Kemenparekraf bersama Ibu Pingkan dan yang terlibat. Saya masih merasa begitu enak sasimi tuna dari Kota Bitung dengan bumbu khasnya,” harapnya.

Sandiaga Uno juga mendukung, Kota Bitung sebagai Nominasi UCCN sebagai Creative City of Gastronomy maka Pemerintah Kota Bitung akan melaksanakan Focus Group Discussion UCCN of Gastronomy.

Terpisah, di ruang sepakat edisi bulan Oktober 2022 program pemerintah Kota Bitung Walikota dan Wakil walikota bertemu masyarakat secara live streaming, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan tegas menyatakan dukungannya atas pelaksanaan FPSL 2022.

“Pemerintah Provinsi akan mendukung penuh, kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022. Kami akan ikut lomba memancing di Bitung, dan mengajak semua masyarakat untuk memancing di Selat Lembeh,” kata Olly Dondokambey.

Olly bilang, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendukung penuh kegiatan FPSL 2022.

Bahkan Olly siap memback up, jika masih ada kekurangan – kekurangan.

Dari informasi yang di rangkum, pelaksanaan FPSL dijadwalkan akan dibuka secara langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno.

Dan akan dihadiri oleh Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi) Ny Tri Tito Karnavian.

Terpisah, sekretaris Panitia Pelaksana FPSL 2022 yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung Pingkan Kapoh menerangkan akses jalan menuju ke lokasi FPSL tidak ditutup.

Namun dia tidak menampik akan terjadi kemacetan, karena ada kegiatan, pihaknya melakukan penataan area parkir.

“Kepada masyarakat, bisa mengecek lokasi atau tempat-tempat pelaksanaan semua kegiatan FPSL 2022 dengan mendownload aplikasi FPSL. Dan selain kegiatan inti, telah dilaksanakan pre event beberapa hari sebelum bari H pelaksanaan,” jelas Pingkan Kapoh.

Lanjut Pingkan, mengundung seluruh masyarakat Kota Bitung memeriahkan event FPSL khususnya Sailling Pass yang merupakan roh nya FPSL, dimana bentuk dan wujud syukur masyarakat perikanan Kota Bitung atas hasil usaha mereka di bidang kelautan.

Di sailling pass perahu perikanan dan perahu lainnya di hias dengan mural dan tema-tema FPSL serta akan ada carnaval diatas air yang akan menghibur masyarakat hingga wisatawan dari luar Bitung.

Dan ini yang pertama kalinya, di kota Bitung sailing pass dan carnaval diatas perahu atau kapal melintas di perairan selat Lembeh Kota Bitung.

Karena carnaval pada umumnya berjalan di aspal atau di daratan.

“Efek dari pelaksanaan FPSL ada spending money, ada perputaran ekonomi di sektor UMKM dengan baik dan peningkatan,” tambahnya.

Untuk hiburan musik, oleh pelaksana sudah membagi waktu selama pelaksanaan 6-10 Oktober 2022 sesuai dengan genre atau aliran yang disukai masyarakat serta ada tarian kolosal.

Ada pula kegiatan bakar satu jenis ikan Cakalang serentak, dan akan dinilai oleh Asia Book Of Record memarahkan record Negar Hongkong di tahun 2019.

Kemudian kegiatan relly yacht, yang dijadwalkan diikuti oleh empat Negara yakni Jepang, Filipina, Australia dan Korea.

Di hari pertama FPSL pelaksana kegiatan juga akan menghadirkan aksi beatlle cutting ( potong ) ikan Tuna, dan ikan itu bisa di cicipi oleh pengunjung FPSL.

Sejumlah Kegiatan Pilihan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022:

Kamis 6 Oktober 2022:

Opening Underwater Photography Competition

Cutting Tuna Battle Show

Colossal Dance Performance

(Sanggar fangkasi)

Sailing Pass

(Parade Mural Boat and Costume Carnivat on Boat)

Fishing Tournament

(Start: Pantai Mabembo-nembo Village)

Jumat 7 Oktober 2022:

Asia Book of records, Most Grilled Skipjack

Underwater Photography Competition

Cooking and Culinery Workshop

Fishing Competition

Sabtu 8 Oktober 2022:

Swimming Competition

Bitung Trail Adventure Part 4

(Kawasan Ekonomi Khusus)

Rally Yacht Sail To Indonesia

Boat Racing

Judjing Night (Underwater Photography Competition)

Minggu 9 Oktober 2022:

Minahasa Culture Assembly

Senin 10 Oktober 2022:

Costum Carnival and Tetengkoren play

Saronde Dance Performance

Colossal Dance Performance

Bitung City Anniversary and Closing Ceremony

Musik Performance National Artist ‘Jamrud’

Sumber : tribunmanado

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.