Sekdaprov Sulut Praseno Hadi jadi Irup di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

0
108

TNews, MANADO SULUT – Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke- 94 Tahun 2022 dengan mengangkat Tema Bersatu Bangun Bangsa, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara Praseno Hadi menjadi Inspektur Upacara (Irup), yang digelar di Halaman Kantor Gubernur, Jumat (28/10/2022).

Dalam Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali yang dibacakan oleh Sekdaprov Praseno Hadi disampaikan bahwa tema yang diangkat ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, karena dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ujar Sekdaprov.

Untuk itu, Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Lanjut Praseno, hari ini pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Olehnya apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,”ucapnya.

Setelah itu, Sekdaprov melakukan pelepasan Kontingen Sulut untuk mengikuti  Pra Pekan Olahraga Pelajaran Nasional (Popnas) di Palu Sulawesi Tengah.

Hadir dalam upacara ini Anggota DPR RI Adriana Dondokambey, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Pemprov Sulut,  Perwakilan KNPI, Pelajar dan Atlit-atlit yang akan mengikuti Popnas.

Reporter : Wulan Rantambala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.