Unsrat dan Pemkab Minut Kampanyekan “Mari Jo Bakobong”

0
25
Penanaman cabai di lahan yang disiapkan petani

TNews, SULUT –  Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengkampanyekan Semangat “Mari Jo Bakobong” sebagai bentuk kepedulian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dirangkaikan dengan Dies Natalis Fakultas Pertanian ke-62 Universitas Sam Ratulangi Manado dan dialog bersama Kelompok Tani serta KKTNA Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (19/5/2022) kemarin.

Dekan Fakultas Pertanian Univesitas Sam Ratulangi Manado ir Dedie Toooy PhD, Jumat (20/5/2022) mengatakan bahwa, kagiatan tersebut mendapat dukungan langsung dari Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE.

“Agenda ini juga sekaligus juga merupakan program pengabdian pada masyarakat yang dilakukan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado bersama karya kreatif masyarakat dan dosen Fakultas Pertanian di Desaa Kauditan I. Jadi disini, salah satu yang kami lakulkan membuat sistem irigasi,” ungkap Tooy didampingi Ketua Panitia Dies Natalis Dr Joudi Luntungan.

Sementgara itu, Ir Lyndon Pangemanan MSi menjelaskan bahwa sebelum dialirkan untuk irigasi, air bersih terlebih dahulu dikumpulkan dalam satu wadah kolam renang dan tempat berm,ain anak-anak.

“Setelah itu, baru kemudia disalurkan untuk mengairi sawah. Jadi dengan demikian air kolam berganti setiap hari dalam keadaan bersih dan nyaman,” kata Ir Lyndon Pangemanan.

Kembali Dr Dedie Tooy mengungkapkan bahwa Dies Natalis ke-62 Fakultas Pertanian Unsrat Manado ini dipusatkan di Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara dalam rangkaian kegiatan temu wicara akademisi (dosen) bersama praktisi (oetani) serta berdiskusi.

 

 

Reporter : Meiyer

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.