Vonny Paat : Jangan Targetkan PAD Terlalu Tinggi, Ingat Rumah Sakit Bukan Pengumpul PAD, Tetapi Melayani Pasien Yang Sakit

0
43
Suasana RDP Komisi IV DPRD Sulut Bersama Dinas Kesehatan

TNews, Sulut – Setelah melihat target PAD tahun 2023 di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) di lingkup Dinas Kesehatan Sulut yang dinilai terlalu tinggi Ketua Komisi IV DPRD Sulut Vonny Paat mengingatkan kepada dinas kesehatan dan direktur-direktur Rumah Sakit Daerah untuk dapat meninjau kembali. Hal ini ditegaskan politisi PDIP itu saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Kesehatan, Rabu (2/11/2022). Menurutnya penyediaan fasilitas Rumah Sakit milik daerah adalah untuk membantu pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat Sulut.

Ingat tujuan diadakannya Rumah Sakit milik pemerintah daerah bukan untuk mencari keuntungan atau mencari pendapatan sebagaimana target PAD tetapi adalah untuk menyembuhkan orang sakit,” tegas Paat .

Paat juga mengatakan, akibat beban PAD yang ditargetkan terlalu tinggi, justri menghilangkan aspek kemanusiaan sehingga ada banyak rumah sakit yang justru mengutamakan pembayaran dsripada melakukan tindakan medis.”Jangan sampai terulang kembali, target PAD untuk rumah sakit terlalu tinggi tetapi tidak terealisasi, ini justru menambah beban,” kata Paat.

Meski begitu Paat juga mengatakan Target PAD tetap ada namun khusus untuk Rumah Sakit sebaiknya ditetapkan berdasarkan kemampuan rumah sakit, bukan harus dilaksanakan sementara kemampuan tidak ada.” Rumah Sakit tetap ada target PAD karena ini menyangkut biaya oprasional, tetapi harus realistis,” pungkasnya.

Diketahui, tahun 2022, target PAD dari rumah sakit ODSK sempat capai Rp 267 Miliar tapi realisasi hanya minim dan target diturunkan menjadi Rp 33 Miliar.

 

Sheraa Umboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.