Tergenang Banjir Lapas Manado Evakuasi Warga Binaan

0
147
Lapas Kelas II Manado yang tergenang air dan melakukan evakuasi warga binaan. (Foto: Iat)

TNews, Manado Sulawesi Utara – Melaksanakan arahan, penyelamatan, evakuasi dan tanggap darurat bencana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado Jumat (27/01/2023), melakukan upaya cepat atasi banjir yang melanda kawasan Lapas sejak dini hari.


Intensitas hujan yang tinggi di Kota Manado sejak pukul 02.00 WITA menyebabkan sejumlah kawasan di Lapas Kelas IIA Manado tergenang banjir. Sejumlah fasilitas Lapas seperti gedung kantor, blok hunian, halaman kantor dan rumah dinas pegawai digenangi air.
Kondisi ini mengharuskan petugas Lapas mengevakuasi warga binaan serta sejumlah inventaris kantor.
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Utara, I Putu Murdiana didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Manado dan tim, langsung terjun di lokasi banjir Lapas Kelas IIA Manado dan melakukan langkah-langkah terhadap bencana banjir di Lapas.
“Sejauh ini kami sudah lakukan evakuasi dan pemindahan warga binaan ke lantai dua yakni, blok A dan B. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak SAR, BNPB, POLRI dan TNI serta stakeholder lain untuk upaya penyelamatan,” ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Manado,
Marulye Simbolon, mengungkapkan bahwa peristiwa ini sudah mendapat penanganan khusus pihaknya, termasuk upaya penyelamatan dan evakuasi terhadap warga binaan dan sejumlah barang berharga lainnya.
“Kami terus lakukan upaya cepat, semua tim kami kerahkan, “ tegasnya.
Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal untuk segera mendapatkan pertolongan secepatnya.
“Semua ini kami lakukan adalah untuk menyelamatkan seluruh petugas dan warga binaan agar tidak menimbulkan korban jiwa. Selain itu, upaya ini untuk meminimalisir dampak banjir yang terus mengguyur Lapas, “ ungkapnya.
Marulye juga berharap agar seluruh pihak dan stakeholder Kota Manado untuk segera melakukan upaya tanggap darurat dan waspada terhadap banjir yang mungkin dapat datang sewaktu-waktu. (Penyunting Meiyer Tanod/Humas/O2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.