Tetangkoren Bergema Nyatakan Likupang Tourism Festival 2022 Dibuka

0
112
Tetengkoren alat penanda tradisional menjadi penanda pembukaan Likupang Tourism Festival 2022 di Pantai Paal Marinsow Likupang Timur Minahasa Utara Sulawesi Utara (Foto : Meiyer/TN)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dalam sambutan pembukaan LTF 2022 di pantai Paal Marinsow Likupang Timur MInahasa Utara (Foto : Meiyer/TN)

Sandiaga Uno Boyong Full Tim ke Likupang

TNews, Minut – Kental dengan nuansa budaya, menjadi ciri khas Likupang Tourism Festival (LTF) yang dipusatkan di Pantai Paal Marinsow dan Pulisan Kecamatan Likupang Timur.

Tarian Kolaborasi Etnis Minahasa dan Sangihe ditampilkan dalam pembukaan LTF 2022 (Foto : Meiyer/TN)

Buktinya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama rombongan yang tiba di Pantai Paal Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (29/07/2022) dan disambut dengan tarian kolosal kolaborasi dua etnis Minahasa dan Sangihe yakni Tarian Kawasaran dan Tarian Masamper. Sedikitnya seratus penari Kawasaran yang adalah tarian perang memperagakan masing-masing gerakan dan diselingi gemulainya tarian Masamper atau Pato-Pato Betlehem Kinunang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Utara Risya Ganda-Davega menghadiri pembukaan LTF 2022 di Pantai Paal Marinsow Likupang Timur (Foto : Meiyer/TN)

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang disambut Bupati Minut Joune Ganda bersama ketua Tim Pengerak PKK Minut Risya Ganda-Davega yang tak lain adalah istri The One sapaan baru bupati, terlihat berseri-seri sambil sesekali melambaikan tangan kearah khalayak yang ada.

Ketua Panitia Joutje Dengah yang didaulat melaporkan kegiatan Festival yang terintegrasi dengan Karisma Event Nusantara tahun 2022, kemudian menyatakan bahwa panitia menargetkan pengunjung pada kisaran 30 – 40 ribu orang.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam sambutan di hadapan Menteri Sandiaga Uno dalam rangkaian pembukaan kegiatan LTF 2022 di pantai Paal Marinsow Likupang Timur MInahasa Utara (Foto : Meiyer/TN)

“Terima kasih kapada bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rapublik Indonesia bapak Sandiaga Uno dan jajaran atas kehadiran dan dukungan serta berkenan membuka kegiatan ini,” ujar Dengah yang tak lupa menyampaikan terima kasih untuk pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan kabupaten Minahasa Utara sebelum mengakhiri sambutan dengan berpantuan. “Dari jauh kita memandang, kulihat pohon ketapang yang serasi, mari datang ke Minahasa Utara ada Likupang yang seksi,”.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda juga melakukan pidato sambutan, kemudian bersama Menparekraf Sandiaga Uno dan didampingi Staf Khusus Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi Krisnandi, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Vinsensius Jamadu, Direktur Tata Kelola Destinasi Indra Ni Tua, Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily, Ketua DPRD Minut Denny K Lolong, Kadis Pariwisata Minut Audy Sambul, ketua panitia Jouce Dengah dan ketua Tim Penggerak PKK Minut Risya Ganda-Davega, dengan memukul Tetengkoren di tangan masing-masing, membuka secara resmi Likupang Tourism Festival (LTF) 2022, yang berisi berbagai hiburan dan atraksi serta olahraga untuk masyarakat umum hingga Minggu 31 Juli 2022 mendatang.

Pasir Putih pantai Paal Marinsow lokasi LTF 2022 menggoda untuk dijajali dengan panorama alamnya yang seksi. (Foto : Meiyer/TN)

“Baru kali ini dan di Minahasa Utara, kami tampil full tim,” ungkap menteri Sandiaga Uno berdarah Gorontalo, dengan sesekali berbicara dalam logat Manado.

Usai prosesi pembukaan, menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretatif didamping Bupati Minut Joune Ganda dan tamu serta undangan, berkenan melepasliarkan anakan Penyu (Tukik) di bibir pantai Paal.

Kegiatan ini mendapat pengawalan dan pengamanan ketat aparat Polres Minut, Kodim 1310 Bitung, Sat Pol PP Minut dan DLLAJ Perhubungan Minut. (Penulis Meiyer Tanod/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.