Bupati Touna Buka Kegiatan Pendampingan Laboratorium Inovasi

0
51

TNews, Touna – Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM membuka acara Pendampingan Laboratorium Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una di Ruang Auditorium Bupati Kecamatan Ratolindo, Kamis (10/6/2021).

Dalam sambutanya Bupati Touna Muhammad Lahay mengucapkan selamat Datang kepada Deputi bersama rombongan di Kabupaten Tojo Una-Una.

“Bupati juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak LAN RI yang membantu dan memfasilitasi sepenuhnya Pendampingan Laboratorium Inovasi di Touna.

Dikatakan bahwa Laboratorium Inovasi ini di selenggarakan untuk menciptakan dan melahirkan berbagai Inovasi dan Terobosan yang dapat memberikan manfaat bukan hanya bagi Daerah, akan tetapi juga dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

” Lanjut Bupati Terkait dengan Pendamping Laboratorium Inovasi ini, perlu kami sampaikan khususnya kepada semua Pimpinan Perangkat Daerah kita di hadapkan pada enam issu strategis, minimal untuk 5 Tahun kedepan di Kabupaten Tojo Una-Una yakni Status Kabupaten Tertinggal dan Angka Presentase Kemiskinan Cukup Tinggi, Kemampuan Fiskal Yang Rendah Dalam Membiayai Percepatan Pembangunan Daerah, Aksebilitas Wilayah Masih Sulit dan Ketimpangan Infrastruktur Antara Wilayah Kepulauan dan Daratan.

Serta, Kualitas Sumberdaya Manusia dan Daya Saing Yang Masih Rendah, Belum Optimalnya Pengelolaan Sektor Unggulan Khususnya Pertanian, Perikanan-Kelautan dan Pariwisata, dan Belum Optimal Layanan Publik Pemerintahan Daerah.

Untuk menjawab issu Strategis tersebut, maka VISI dalam RPJMD 2021 – 2026 adalah Mewujudkan Kabupaten Tojo Una-Una Yang Tagguh, Maju Dan Sejahtera.

VISI tersebut sejalan dengan VISI Indonesia Maju yang telah digagas oleh bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

VISI Indonesia Maju tersebut menekankan kepada kita Aparatur Negara untuk merubah paradigma dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam penyelenggaraan Pemerintahan.

“Pemerintah Daerah sangat bersyukur atas bantuan dan dukungan sepenuhnya dari LAN RI atas Pendamping Laboratorium Inovasi ini karena Daerah lain menggunakan APBD mereka masing-masing untuk kegiatan yang sama,’ katanya.

Bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una menitipkan harapan kepada Kepala LAN RI dan Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI agar dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.

“Untuk melakukan kajian khususnya bagaiman mengakomodir Kepulauan Togean di bawah naungan Kebijakan Nasional seperti Kebijakan 10 Bali Baru.”ucap Mohammad Lahay

Sementara itu hadir dalam kegiatan itu yakni Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Gusnar A Suleman. SE., MM, Plt Sekda Kabupaten Tojo Una-Una Drs. Moh. Syarif Lasawedi, M.A.P. , Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Dra. Isti Heriani, M.B.A.

Deputi Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara Dr. Tri Widodo Utomo, SH., M.A, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Tojo Una-Una Muh. Idrus, ST.

Serta, Kepala Perangkat Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Para Camat serta Kepala Puskesmas Se-kabupaten Tojo Una-Una.

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.