Dinas PKPLH Touna Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah di Tepi Jalan

0
16
Bagian persampahan dinas PKPLH ketika membersihkan lokasi pembuangan sampah
Loading...

TNews, AMPANA – Dinas Perumahan  Kawasan  Pemukiman Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Tojo Una Una berang dengan kebiasaan Masyarakat yang tidak taat aturan membuang sampah. PKPLH selalu mendapati masyarakat membuang sampah jalan di pinggir jalan di Area Pasar Lama, serta di Lingkungan Kelurahan Uentanaga bawah Kecamatan Ratulindo.

Kepala Dinasa PKPLH Aqfar Patanga melalui  Kepala Seksi Persampahan  Fausiah P Adam Tim TotabuanNews, Rabu 04/12 menuturkan, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan  di pingir jalan Area Jembatan Pasar lama Kelurahan Uentenaga bawah, kecamatan Ratulindo, perlu tindak. “Dimana kita mengarahkan pembuangan sampah sementara di dalam Pasar yang di sudah tersedia Bak (Ambrol),” ujarnya.

Namun sejauh ini Fausiah menilai, Pembuangan sampah masih belum dipatuhi sebagian masyarakat sekitar. “Pasalnya, saat waktu pengangkutan berlangsung sejumlah warga kerap membuang sampah di area titik Jembatan  pasar lama. Sehingga hal itu sering berdampak pada proses pengangkutan yang harus dilakukan berkali-kali,” tegasnya.

Lanjutnya, Dinas kerap dituding tidak bekerja mengangkut sampah. Padahal pemicunya adalah oknum masyarakat yang sengaja membuang sampah sembarangan.

Fausiah menambahkan, petugas  mereka telah mengangkat dan membersihkan sampah di kelurahan uentenaga bawah di area jembatan yang ada di pasar lama. “Petugas Kami sudah mengumpul semua  sampah-sampah yang di buang di area  Jembatan itu,dan dibersihkan jalannya itu dengan cara di semprotkan Air,” katanya.

Saat ini katanya, pihak  PKPLH juga telah menyediakan delapan Baliho himbauan bebas sampah. “Kami telah  menyurati Camat Ratulindo untuk  pemasangan baliho tersebut di sejumlah titik area yang menjadi  bebas sampah. Kalau tidak salah ada 7 Baleho pengguguman,” ucapnya.

Fausiah  berharap kepada warga , khususnya yang tinggal di area pasar lama  Kelurahan uentenaga bawah   agar tidak membuang sampah sembarangan karena  area tersebut merupakan Area Bebas sampah. “PKPLH  telah menyiapkan  Ambrol   di area dalam pasar lama sehingga tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan masyarakat harus  bisa paham dan sadar akan pentingnya kebersihan” tandasnya.

 

 Dales Lantapon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.