Dishub Touna Terus Genjot Tranportasi Antar Pulau

0
41
Sosialisasi dinas perhubungan Touna

TNews, KOTAMOBAGU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tojo Una-Una menggelar sosialisasi  penetapan rekomendasi izin trayek tetap dan teratur (Liner) untuk kapal cepat, KM Allya Expres.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tojo Una-Una, Rizal C.Panjili katakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menginventarisasi rute dan izin trayek kapal cepat yang akan beroperasi diwilayah Kepulauan.

Selain itu pula, ia juga melakukan inventarisasi standar keselamatan kapal pelayaran rakyat seperti adanya baju pelapung (life jecket), ring buoys, maupun perlengkapan keselamatan lainnya,”ujar Rizal.

Menurutnya, dengan bertambahnya kapal cepat milik swasta yang akan beroperasi nanti,dapat membantu pemerintah dan masyarakat yang akan bepergian menuju wilayah kepulauan.

Rizal menerangkan, kapasitas dinas perhubungan hanya mendorong dan memotivasi para pemilik kapal capat untuk mengikuti ketentuan trayek dengan melengkapi sarana keselamatan yang ada di setiap kapal. Dia berharap, kepada para pemilik kapal cepat  untuk bersaing sehat.

Sementara itu, kepala seksi angkutan Dinas Perhubungan Touna, Irwan ST menerangkan, bahwa soasialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi rute kapal cepat yang baru beroperasi.

Ini kami lakukan guna untuk memberikan pelayanan kepada para pemilik kapal dan masyarakat yang akan berangkat diwilayah Kepulauan. “Kami telah melakukan pembagian rute kapal cepat  tersebut berdasarkan trayek dan hari yang telah ditentukan pihak dinas,”ujar Irwan.

Diketahui, rute yang akan dilalui setiap kapal cepat tersebut berdasarkan trayek masing-masing. “Yakni, pelabuhan Wakai, Pelabuhan Desa Katupat, Pelabuhan Desa Tongkabo,Pelabuhan Desa Malenge, Pelabuhan Pulau Papan, Desa Kadoda, Pelabuhan Desa Popolii, Pelabuhan Desa Dolong PP.

Hadir dalam pertemuan itu, Kepala Shabandar Ampana, Kasat Pol Air Polres Touna, Iptu Reky Moniung, Pol Air Polda Sulteng Pos Ampana, Danpos TNI AL, Kepala Pos pengamanan KP3 Ampana, Pemilik Kapal, pemilik Agen kapal dan Nahkoda Kapal.

 

Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.