Disparbud Touna: Perlunya Pelestarian Seni Budaya Adat Tolalaeyo Di Banua Lipu

0
347

TNews, Touna – Adat istiadat ToLalaeyo yang di Gelar setiap tahun di wilayah Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una una,Sulawesi Tengah – khususnya di Desa Uedele  dan sekitarnya, di lakukan setelah Musim Panen Raya hasil Pertanian. Gelar Adat – istiadat merupakan Budaya tradisional para Leluhur, dan pelaksanaanya di lakukan bertempat  di Banua Lipu dengan ragam kegiatan Seni dan Budaya ,kegiatan tersebut sekaligus menggunakan Pakaian atau Baju Adat ToLalaeyo setempat.

Rumah Adat atau Banua Lipu sebagai tempat Pusat Ragam kegiatan pada puncak perhelatan Budaya Tradisional ToLalaeyo yang di kenal dengan Mora,a – dan pada saat itulah  seluruh rangkaian kegiatan Budaya Tradisional ToLalaeyo  terselenggara ,di antaranya Lomba Main Gasim atau Moganci  yang bahan bakunya dari kayu, dan Lomba Motela yang bakunya dari Bambu, serta kesenian Motende Bomba , Mokayori dan Molaolita.

Puncak Giat Mora,a ToLalaeyo di tandai dengan Motompo dan Mokanta, di sertai ketukan Gong bersama Gendang di Banua Lipu.

Bertempat di Banua Lipu ToLalaeyo Desa Uedele Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, warga setempat menyambut dengan suka – cita  atas kunjungan kerja Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una, Muhammad Arsyad, S.E, M.si  dan di dampinggi oleh Camat Tojo Sudarto  R.M.Palakana, S.E. ,serta rombongan.

Kunjungan kerja Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una di Desa Uedele Kecamatan Tojo, dalam rangka  melakukan Pembinaan dan Pemberdayaan Adat – Istiadat  ToLalaeyo.

Kepada Media ini Kadis Pariwisata Tojo Una una Muhammad Arsyad, S.E, M.si menjelaskan bahwa  kunjungan kali ini yang pertama di lakukan, setelah di lantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una una tanggal 30 Desember 2021 , oleh Bupati Tojo Una una.

Dia mengatakan bahwa, kunjungan kerja ( kunker) di Desa Uedele adalah merupakan salah satu bagian yang tidak dapat di pisahkan dari Program Kegiatan Dinas Pariwisata Tojo Una una ” ungkapnya,”.

Menurut Muhammad Arsyad, Adat – Istiadat ToLalaeyo yang setiap tahun di selenggarakan berpusat di Rumah Adat atau Banua Lipu  di Desa Uedele Kecamatan Tojo, menjadi sangat penting untuk terus di lakukan dan di Lestarikan, dan oleh karena itulah Dinas Pariwisata  Tojo Una una  kali ini , Hari Kamis 13 Januari 2022  melihat dari dekat dan secara langsung menyaksikan terkait gelar Adat – Istiadat ToLalaeyo di Banua Lipu  Desa Uedele.

Diapun mengungkapkan  Ragam Seni dan Budaya Tradisional ToLalaeyo  perlu di Lestarikan dan di angkat kembali dalam bentuk Pembinaan dan Pemberdayaan ,dimana kita ketahui bersama – sama ,bahwa Adat – Istiadat  ToLalaeyo merupakan Budaya Tradisional  oleh para Leluhur ,sehingga  menjadi perlu dan penting untuk terus dapat di Lestarikan dan dapat di kembangkan, terutama kepada Generasi muda saat ini ” ujarnya,”.

Selain itu Budaya Tradisional ToLalaeyo di Banua Lipu yang menjadi pusat pelaksanaanya, bisa menjadi daya tarik tersendiri  terhadap  Pariwisata yang dapat di nikmati oleh para wisatawan, baik Mancanegara,Nusantara dan juga wisatawan Lokal .” pungkasnya,”.

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.