Hadiri Gerakan Tanam Jagung dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Irigasi, Ini Pesan Bupati Touna

0
25
Loading...

TNews, AMPANA – Bupati Tojo Una Una (Touna) Muhammad Lahay SEMM ,Senin (9/12)  menghadiri kegiatan penanaman Jagung Hibrida dan peletakan batu pertama Embung Pertania di Kecamatan Tojo.

Kegiatan tersebut merupakan bantuan dari kementerian Pertanian RI untuk para petani yang ada di wilayah Kabupaten Tojo Una Una. “Kita ketahui bersama Kabupaten Tojo Una Una Merupakan Kabupaten penghasil jagung terbesar di Sulteng dengan luasan lahan 15.148 hektar yang memproduksi 75.740 ton jagung  kering di tahun 2019,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati hal ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una yakni Terwujudnya Masyarakat Tojo Una Una di bidang pertanian. Dikatakan bahwa untuk menunjang perluasan areal pemerintah bekerjasama dengan pihak Swasta. “Diantaranya seperti PT Seger Agro Nusantara selaku pihak eksportir kenegara Filipina,”tuturnya.

Bupati sampaikan bahwa tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  kesejahteraan  petani khususnya petani jagung. “Ini merupakan upaya nyata dari pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan kepada petani melalui Direktorat Jendral Prasarana Sarana Kementerian Pertanian. Semoga bantuan yang diberikan kepada petani kita di Kabupaten Tojo Una Una bisa bermanfaat dengan baik,” tandas Bupati.

Diketahui pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una melalui dinas Pertanian mendapatkan bantuan  embung pertanian satu unit senilai Rp 100.000.000,di Desa Uedele Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una Una.

 

Dales Lantapon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.