Jembatan Titian Kayu Desa Kabalutan Rusak, Warga Minta Pemdes Segera Perbaiki

0
111

TNews, Touna Kabalutan – Desa Kabalutan Kecamatan Talatako Kabupaten Tojo Una Una  adalah salah satu desa yang miliki anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa (DD)  yang cukup besar namun besarnya anggaran desa itu belum bisa menyentuh sejumlah perbaikan pembangunan di desa tersebut.”Hal itu terbukti dengan rusaknya sejumlah fasilitas umum seperti jembatan titian kayu yang ada di tengah pemukiman Masyarakat desa.

Kerusakan sudah berlangsung lama dan sudah sering di sampaikan pada rapat kegiatan program desa ,akan tetapi hal itu tidak perna atau sering di abaikan sehingganya sebagian Masyarakat Desa Kabalutan yang sering mengunakan fasilitas jembatan titian kayu itu sering mengeluh. “Iya pak jembatan titian ini sudah rusak parah dan sudah berbahaya bagi masyarakat penguna yang hendak lewat di situ ,sebab kayu serta tiang penyangga sudah lapuk, sehingganya kami perlu hati hati jika melewati jembatan titian kayu ini.

Yang menjadi pertanyaan kami anggaran dana desa cukup besar di desa kami dan keluhan ini sudah sering kita usulkan pembangunannya namun entah mengapa? Usulan kami ini tak perna terlaksana padahal dalam rapat bersama usulan itu masuk namun tiba tiba hilang diganti dengan program lain,tandas Dirham Asahoya warga Kabalutan.

Ia, mngenai jembatan titian kayu tersebut memang tidak bisa digunakan lagi layaknya jembatan pada umumnya.

Kerusakannya sudah semakin parah dan sudah bertahun tahun tak perna tersentu perbaikan.”Dirham katakan adapun sambungan yang terlihat digambar hanya inisiatif masyarakat saja untuk mempebaiki jembatan titian kayu itu.

Kami juga belum mengetahui apakah renovasi jembatan titian kayu sudah dibahas perencanaannya dan  penganggaran atau belum?, yang intinya sampai saat ini renovasi atau pembuatan baru belum ada,tegasnya.

Padahal bila kita mlihat ADD desa kabalutan hampir mencapai 2 miliyar.

Biasanya saat musdus ataupun musdes perencanaan semua dibahas bersama. Tapi begitu pencairan anggaran pembahasan anggaran tidak lagi sesuai dengan apa yg dibelanjakan atau dispakati bersama,bebernya.

Harapanya saya sebagai masyrakat desa Kabalutan, pemdes Desa Kabalutan lebih memperhatikan mana yang didahului dalam penganggaran yang tepat sasaran.

Kami juga berharap pemdes segera melakukan renovasi atau pembangunan  jembatan baru mengingat jembatan tersebut sudah membahayakan para penggunanya.Hingga berita ini di terbitkan media TN belum berkoordinasi dengan Pemdes Desa Kabalutan.

Dales Lantapon

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.