Kepala BPN Touna Kembali Serahkan Sertifakat Untuk Warga

0
305
Puluhan Masyarakat saat terima sertifikat dari BPN tampak kepaa BPN foto bersama warga.

TNews, AMPANA – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) kembali menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada puluhan masyarakat, berlangsung di Kantor Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ratolindo Kabupaten Touna, baru-baru ini.

Penyerahan PTSL tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Touna, Budiono APtnh,MH didampingi Kepala Seksi Kantor Pertanahan Touna, Asep Dedy Warsita,ST, Arkham Safa,SsiT, turut dihadiri Lurah Uemalingku, Bhabinkamtibmas Kelurahan Uemalingku, Lurah Malotong, Lurah Dondo, Kepala Desa Pusungi serta serta puluhan masyarakat penerima sertifikasi.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Touna, Budiono bahwa pada sebelumnya Kantor Pertanahan Kabupaten Touna menyerahkan sertifikat wakaf kepada pondok pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat dan pada hari ini kami menyerahkan sertifikat PTSL kepada masyarakat.

Manfaat yang diperoleh dari program PTSL ini adalah masyarakat memiliki bukti sah kepemilikan tanah dan juga terhindari dari konflik sengketa tanah serta kemudian juga bisa membuat aset masyarakat yang bisa dijadikan jaminan ke bank untuk bermodal usaha.

“Dengan diterimanya sertifikat ini, maka yang bersangkutan telah dinyatakan sah memiliki tanah tersebut dengan kepemilikan sertifikat tanah ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum aset tanah masyarakat dan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,”kata Budiono Saat berbincang-bincang diruang kerjanya.

Dikatakannya, program PTSL ini juga akan terus disosialisasikan kepada masyarakat agar nantinya mereka sadar akan manfaatkan Program PTSL.

Selain itu juga, jumlah masyarakat yang memiliki sertifikat kepemilikan tanah diwilayah Kabupaten Touna akan semakin meningkat.

“Program PTSL yang digencarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Touna akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat bahwa, sebab sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa mereka agungkan di bank dan lembaga keuangan lainnya, ini sudah terbukti bisa menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM diwilayah Kabupaten Touna karena sertifikat ini bisa menjadi modal mereka untuk memajukan usaha,”jelasnya.

Melihat besarnya manfaat dari PTSL ini, Budiono berharap semua kecamatan, desa, RW dan RT untuk membantu percepatan proses persertifikatan tanah masyakarat lewat program PTSL.

Terkait penyerahan sertifikat PTSL ini saya bersama para Kepala Seksi dan sejumlah staf Kantor Pertanahan Kabupaten Touna turun langsung kelapangan menyerahkan sertifikasi kepada masyarakat ini dilakukan agar tidak membebani masyarakat yang datang kekantor.

“Sekali lagi, saya mengharapkan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tanah bersedia menyampaikan informasi kemudahan dalam mengurus bsertifikat tanah secara gratis melalui program PTSL,” harapnya.

 

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.