LAN Launching 55 Ide Inovasi Pemda Touna

0
27
TNews, Touna  – Lembaga Administrasi Negara (LAN) Repoblik Indonesia (RI) Launching  55 Ide Inovasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Kamis (21/10) di Auditorium Kantor Bupati Touna.
Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM, Wakil Ketua II DPRD Touna,Moh. Salim Makaruru, S. S, Deputi Bidang Kajian dan Inovas ASN LAN RI, dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI,  Dra. Isti Heriani, MBA, Sekertaris Daerah Kabupaten Touna, Drs. Moh. Syarif, M.AP, Sekertaris Balitbang dan Inovasi Sulawesi Tengah, Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Touna.
Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI,  Dra. Isti Heriani, MBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan prioritas Nasional, sehingga selalu dipantau dan dilaporkan secara terus menerus kepada Bapenas dan Kementrian Keuangan.
“Kegiatan yang kita sebut  laboratorium inovasi ini bertujuan untuk mendorong unit-unit di seluruh lingkungan pemerintah daerah melalu peran ASN untuk dapat membudayakan, berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif.
 Diharapkan kegiatan ini dapat membuat  solusi dalam mengatasi permasalahan, serta untuk mendorong, dan mengoptimalkan potensi daerah yang sangat luar biasa di daerah Touna. Terutama dalam mewujudkan  visi-misi Kabupaten daerah tercinta ini,” ujarnya.
Bupati Touna, Mohammad Lahay mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh inivator Organisasi Perangkat Daerah yang telah menciptakan dan melahirkan inovasi yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Touna dan juga dapat memberikan kecepatan, kemudahan, dan keakuratan didalam melayani kebutuhan masyarakat, serta dapat memaksimalkan semua hal yang ingin dicapai pada RPJMD Kabupaten Touna yang menjadi visi-misi kami Bupati dan Wakil Bupati Touna periode 2021-2026.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Nasional yang telah memberikan bantuan laboratorium inovasi, serta melakukan kegiatan laboratorium inovasi di daerah kami. Semoga kerjasama dan kolaborasi yang telah terbangun dapat memberikan hasil sesuai apa yang kita harapkan bersama,” kata Bupati.
Dia mengatakan, bahwa inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini telah menjadi sebuah kepercayaan, pelayanan yang cepat, tepat, dan efisien hanya akan dapat dipenuhi dengan kreasi, dan terebosan yang inovatif. Kegiatan hari ini merupakan momentum kita dalam upaya meningkatkan pelayanan, dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Touna kedepannya.  Perlu kita pahami bersama bahwa inovasi bukan hanya merupakan menjalankan urusan pemerintahan, namun dalam pelaksanaannya inovasi harus selalu ada hadir disetiap pelaksanaan urusan pemerintahan untuk menghadapi keadaan saat ini, memang sangat diperlukan inovasi masing-masing perangkat daerah dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Touna.
“Olehnya, dengan hadirnya berbagai inovasi di daerah ini, diharapkan akan mampu mendongrak percepatan pembangunan untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain di Sulawesi Tengah,” tutupnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovas ASN LAN RI, dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A, menyampaikan atas nama pribadi dan lembaga kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati beserta seluruh jajarannya atas semangatnya yang begitu luar biasa, karena saat ini sudah sampai tahapan launching inovasi penyelenggaraan kegiatan program  prioritas nasional laboratorium inovasi.
“Saya cukup bangga walaupun dalam kondisi covid-19 yang memaksa sebagian besar dari kita harus bekerja dari rumah atau working from home, dan bekerja secara virtual tetapi Kabupaten Touna mampu menghasilkan 55 ide inovasi dari 35 OPD yang dilaunching hari ini,” ujarnya.
Afra Dales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.