Marak Ilegal Loging Di Touna Harus Jadi Perhatian Serius

  • Whatsapp
TNews, Touna – Maraknya pembalakan liar atau ilegal loging di wilayah Kabupaten Tojo Una Una yang dilakukan oknum oknum tertentu perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak terkait,agar hutan kita tetap terjaga kelestariannya.
Praktik penebangan pohon secara liar (illegal logging) masih marak terjadi walaupun aturan yang melarangnya sudah diundang-undangkan.
Ketua Fraksi NasDem yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Jafar M Amin ,Sabtu 4/9/21 pagi tadi meninjau lokasi terjadinya illegal logging secara liar, tepatnya di Desa Uwetoli Kecamatan Ampana Tete.
Ia menyampaikan, maraknya illegal logging disebabkan beberapa hal, seperti kewenangan pembagian kebijakan masih bisa diintervensi serta ada celah untuk melakukan tindakan penyimpangan moral seperti ini. Ucapannya”
Lanjut JMA sapaan akrabnya, menjelaskan oknum yang berani melakukan penebangan liar walaupun sudah dilarang oleh undang-undang hanyalah oknum, atau bahkan perusahaan nekat yang berpikir bahwa untuk mendapat untung banyak harus melakukan hal tak beretika, tegasnya”
Di sisi lain, Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengeluhkan besarnya biaya recovery kerusakan hutan saat ini sangat besar, karena meliputi aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Sehingga menurutnya memang lebih baik dilakukan upaya preventif guna mencegah kecurangan-kecurangan yang terjadi, dan Insya Allah hal-hal seperti ini tidak terulang lagi.
“Sekali lagi kami Anggota DPRD akan terus mengawal sesuai dengan aturan atau amanah Undang-Undang yang berlaku baik dari Undang-Undang Kehutanan maupun Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 dalam rangka untuk menciptakan alam Indonesia yang lestari, hutan yang bisa memberikan makna positif bagi kehidupan masyarakat desa dan hutan” tutup mantan Wakil Ketua DPRD itu.
Dales Lantapon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.