Pandemi Corona Tak Surutkan Semangat Kemerdekaan, Pemda Touna Gelar Peringatan HUT RI ke 75

0
203

TNews, AMPANA – Masa pandemi virus covid-19 (corona) yang melanda dunia saat ini, tak menyurutkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) peringatan kemerdekaan Repoblik Indonesia (RI) ke 75, yang tepatnya hari ini Senin 17 Agustus 2020. Akan tetapi perayaan HUT RI kali ini tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Hal ini seperti dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una Una (Touna).

Dalam pantauan Tim Redaksi Totabuan News Peringatan HUT RI ke 75 oleh Pemda Touna yang dipusatkan di halaman kantor bupati Touna Senin (17/8/2020) berlangsung khidmat.

Bupati Touna Muhammad Lahay menjadi inspektur Upacara. Dalam sambutanya, Bupati mengatakan hari ini adalah hari dimana republik Indonesia memeringati Hari Kemerdekaan ke 75. “Meski masih dalam situasi Pandemi Covid 19 kita sebagai bangsa dan Negara  kesatuan RI dapat mengikuti peringatan Hut RI ke 75,” ujar Bupati.

Kata Bupati, peringatan HUT RI ini juga untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan kesuma bangsa dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan.

“Peringatan detik detik proklamasi yang akan kita laksanakan pukul 10.20 adalah bentuk nyata bhakti kita kepada bangsa ini sebagai peringatan peristiwa monumental bagi bangsa Indonesia untuk merdeka,” tegas Bupati.

Lanjut Bupati, sebagai repleksi usia 75 tahun RI ini, berkat dukungan seluruh elemen masyarakat. “Sehingga ditahun 2020 ini kabupaten Tojo Una Una meraih capaian yang membanggakan dan penghargaan,” katanya.

“Pada kesempatan ini saya, mengutip poin penting pidato presiden RI pada tanggal 14 agsutus 2020 beberapa hari lalu yakni sebanyak 215 Negara tanpa terkecuali sedang menghadapi masa sulit diterpa masa pandemi covid19,dalam catatan WHO sampai dengan tanggal 13 agustus 2020 kemarin terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa. Semua Negara baik negara miskin, maju dan negara berkembang semuanya mengalami kemuduran karena terpapar covid 19,” jelasnya.

Lanjut Bupati, bangsa yang besar dan daerah Kabupaten Tojo Una Una ini di karuniai kekayaan dan kebergaman dimana potensi ini harus kita jaga dengan sepenuh hati kita kelola dengan nurani, pikiran dan tindakan serta etika suci demi berkibarnya panji panji ibu pertiwi.

“Sesuai dengan tema peringatan Hut RI ke 75  dengan teman besar Indonesia Maju mari kita berdayakan semua potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Kemudia dalam mengahadapi Covid 19 ini mari kita bergotong royong semoga kita bisa melalii Covid 19 dan merdeka dari virus Corona,” tutup Bupati.

 

Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.