Touna Kembali Ekspor Jagung dan Coconut Water Concentrate

0
33

TNews, AMPANA – Dalam rangka mendukung gerakan ekspor tiga kali lipat (Gratieks) Kabupaten Tojo Una Una melalui dua Perusahaan yakni perusahaan PT Segar Agro Nusantara yang mengeksport Jagung ke Philipina melalui pelabuhan Mantagisi dan PT Saraswati Ekspor Coconut Water Concentrat ke Singapura melaui pelabuhan Pentoloan Palu.

Bupati Touna melepas langsung pengiriman dua komoditas unggulan Pertanian Kabupaten Tojo Una Una Jagung dan kelapa,Jumat 11/9/20.

Dalam sambutanya Bupati Muhammad Lahay SE, MM memberikan apresiasi kepada dua perusahaan yang telah berperan penting dalam meningkatkan ekonomi Masyarakat Kabupaten Tojo Una Una.

Saat ini saya kembali melepas ekspor Jagung Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 6.100 ton dengan nilai rp. 22 miliar ke Philipina oleh PT. Seger Agro Nusantara di Pelabuhan Mantangisi dan ekspor Coconut Water Consentrat (CWC) sejumlah 1 container 40 hc reefer dengan nilai 42 .294 us dolar atau rp. 627.727.548,- ke negara Singapura oleh PT. Saraswati melalui Pelabuhan Pantoloan,jelas Bupati.

“Kami memiliki keyakinan bahwa melalui kegiatan ekspor jagung dan ekspor Coconut Water Consentrat (CWC) ini akan memiliki dampak yang luas terhadap perekonomian Kabupaten Tojo Una-Una khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya,” ucap Mad lahay.

Lanjut Mad Lahay, sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan ekspor jagung ini diharapkan membawa manfaat besar bagi perekonomian indonesia antara lain memperluas pasar bagi produk indonesia, menambah devisa negara, memperluas lapangan kerja, serta mengurangi kegiatan impor yang berlebihan.

“Kesejahteraan petani harus diutamakan, meski hasil panen berlimpah, Pemerintah Daerah bersama Kementerian Pertanian mendorong ekspor jagung agar harga tetap stabil,” katanya.

Pada kesempatan itu pulua Mad Lahay berharap, dengan adanya ekspor jagung di kabupaten kita ini, akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tojo Una-Una, meningkatkan pendapatan petani, terserapnya angkatan kerja serta menurunkan angka kemiskinan.

“Kedepan Pemerintah akan terus berusaha meningkatkan produksi jagung melalui bantuan benih unggul, penetapan harga agar harga jagung stabil,” ujarnya.

Saya juga memberikan apresiasi penghargaan yang tinggi kepada berbagai pihak khususnya para petani jagung yang telah bekerja dengan keras, para penyuluh atau pendamping petani jagung yang selalu memberikan dukungan dan bimbingan kepada para petani jagung kita, serta seluruh jajaran dinas pertanian, dan ketahanan pangan kabupaten Tojo Una-Una yang sungguh-sungguh menyusun program kerja maupun penyediaan sarana dan prasarana peningkatan produksi serta semua pihak sehingga produksi jagung petani kita dapat meningkat.

“Saya juga mengapresiasi pihak PT. Seger Agro Nusantara yang besar andilnya didalam menampung dan menyalurkan produksi petani jagung kita yang melimpah. Karena tanpa peran dari PT. Seger Agro Nusantara yang bergerak di dalam pembelian hasil pertanian kabupaten Tojo Una-Una khususnya jagung ini baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri atau domestik maupun kebutuhan ekspor,” tukasnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan Ekspor Jagung dan Coconut Water Consentrat (CWC) ini dalam rangka mendukung Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) yang menjadi andalan Kementrian Pertanian dalam mendorong roda perekonomian, program ini digagas oleh Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo, program ini mendorong pengusaha dan eksportir melipat gandakan lalu lintas ekspor pertanian menjadi tiga kali lipat, dengan ini produksi dapat mencapai 7% per tahun.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Tojo Una-Una, H. Mahmud Lahay, Wakapolres Toj Una-Una, Kompol Sulih Rudito, Perwira Pengubung Kodim 1307/Poso, Mayor Inf. David M. Lunta, Kepala Balai Besar Karantina Makasar, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Touna, Direksi PT. Agro Nusantara, Direksi PT. Saraswasi, Kepala Istansi Vertikal, Pimpinan BUMN Kabupaten Touna, Kepala Pelabuhan Mantangisi, Para Camat, Kepolsek, Babinsa, Kepala Desa/Lurah, Kelompok Tani, Penyuluh Pertanian.

TIM TNEWS

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.