Touna Stop Corona! Satgas Desa Betaua Siaga 1×24 Jam

0
131

TNews, AMPANA – Peran Desa dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona sangatlah penting dilakukan. Hal itu ditindak lanjuti dengan berbagai upaya dengan mengikuti aturan dan perintah dari Pemrintah Daerah Maupun Pusat.

Kepala Desa Betaua kecamatan Tojo, kabupaten Tojo Una una, Sulawesi Tengah Ridwan Tawalili mengatakan, dengan memperhatikan Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020, tentang Desa Tanggap COVID 19, dan penegasan padat karya tunai Desa dari Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. “Itu sudah sangat jelas dan seksama tentang dari latar belakang, maksud dan tujuan, serta Ruang lingkup,” ujar Ridwan Tawalili.

Dia juga menjelaskan selain itu terkait langkah langkah dan upaya tindakan Preventif oleh Pemdes dan Satgas, tentu mengacu dan berpijak pada Surat Edaran (SE) dari Kemendes tersebut, sebutnya.

Selain dari latar belakang,maksud dan tujuan ,serta ruang lingkup, juga termasuk Dasar Hukum, padat karya Tunai Desa (PKTD), dan Desa Tanggap COVID 19, yaitu membentuk Relawan Desa Lawan COVID 19, dengan struktur dan tugas yang berdasarkan dari Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 tersebut, tentang Desa Tanggap COVID 19.

Menurutnya bahwa dalam rangka menjalankan Tupoksi dari Satgas Stop Corona Virus (C19) Desa Betaua kecamatan Tojo, harus dapat di laksanakan selama kurung waktu 24 jam, dan satgas siap di Posko masing masing, yang terdiri dari dua (2) ,yakni Posko Bomba Lestari Dusun Transmigrasi dan Posko Satgas Desa Induk.

“Terkait pembiayaan Satgas Desa Tanggap COVID 19 di Desa Betaua, Ridwan Tawalili mengatakan telah dilakukan Perubahan APBDes, Desa Betaua Tahun 2020, sesuai petunjuk yang ada, dan telah di sepakati bersama sama dengan Badan Permusyawaratan Desa, ” ujar Ridwan.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai langkah dan upaya pencegahan menularnya, COVID 19, saat ini pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya berupa penggadaan, Mesin Semprot Alkom,pompa tangki manual, baju septy COVID 19, Dinas Satgas, Anti Septy, handcull, dan Vitamin untuk orang Dewasa, Vitamin khusus para Lanjut Usia (lansia) merk super Exster, helem pengaman, dan sepatu septy,,,dan juga termasuk konsumsi makan dan minum bagi Satgas.

Selain itu juga, mengingat ketersediaan stok masker yang sudah mulai langkah di temukan dipasaran saat ini, maka pihak Pemerintah Desa Betaua ,kecamatan Tojo melakukan pemesanan khusus, hal ini mengingat merupakan kebutuhan yang harus dapat di siapkan demi kepentingan masyarakat pungkasnya.

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.