Wabup Buka Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJM Touna 2021-2026

0
43

TNews, Touna – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una melaksanaka kegitan Konsultasi Publik penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 -2026.Kegiatan dibuka wakil Bupati Touna Ilham Lawidu SH bertempat di Gedung Auditorium Kantor Bupati Touna,Rabu 2/6/21.

Wakil bupati Ilham Lawidu ,mengatakan agar dalam kegiatan konsultasi Publik penyusunan rancangan awal RPJMD Kabupaten Tojo Una Una ,kita sama sama memberikan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai  masukan yang konstruktif lainnya guna perumusan dan penyusunan rancangan awal konsultasi  publik rancangan awal RPJMD Kabupaten Tojo una-una tahun 2021- 2026.Agar rencana pembangunan  Janka menengah Kabupaten Tojo Una Una lima tahun kedepan sesuai dengan visi dan misi yang telah kami sampaikan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Tojo Una Una,jelasnya.

Lanjut wabup katakan meskipun beberapa waktu lalu kita sudah sampaikan bahwa pilkada sudah usai dan berjalan dengan aman, marilah kita satukan tekad dan langka untuk mewujudkan visi kabupaten Touna yaitu terwujudnya Kabupaten Tangguh,maju dan sejaterah (Tamara).Sedangkan  misi yang akan diwujudkan yaitu (1) mewujudkan seluruh masyarakat dan aparatur Pemerintah yang tangguh secara sosial , ekonomi lingkungan dan pemerintah,(2). Mewujudkan pembangunan wilayah yang berkembang dan maju untuk keluar dari ketertinggalan daerah,(3). Mengembangkan Trisula pembangunan ekonomi yang bertumpu pada sektor pertanian perikanan Kelautan dan pariwisata yang berkelanjutan,(4). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dengan bertumpu pada kualitas sumber daya manusia,(5). Wujudkan aparatur dan sistem pemerintahan yang profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berbasis pada sistem cerdas (Smart region),tuturnya.

Visi tersebut merupakan kondisi ideal yang ingin kita capai dan kita wujudkan bersama selama lima tahun kedepan sedangkan misi tersebut merupakan langkah-langkah dan strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut. Masih sangat macro sehingga harus diturunkan atau dikabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan sasaran strategi kebijakan sampai dengan program prioritas Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja perlu Sinergi kolaborasi diskusi serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui termasuk agenda pada hari ini yaitu konsultasi publik rancangan awal rpjm.

Forum konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah selama lima tahun kedepan sesuai dengan masa bakti periode masa jabatan Bupati dan wakil bupati Kabupaten tojo una una tahun 2021-2026 ke depan.”

“Kami meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang saat ini hadir pada konsultasi publik ini untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif.  Visi dan misi yang akan kami pilih dan kami rumuskan tentu sudah melalui pemikiran, perenungan serta proses diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Tojo una-una,tandasnya.

Selanjutnya dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJMD Kabupaten Tojo Una Una  tahun 2021-2026 ada beberapa hal yang saya minta untuk menjadi perhatian kita semua yaitu  seluruh perangkat daerah agar dapat menjabarkan visi dan misi kabupaten Tojo una-una dengan sebaik-baiknya dengan cara menyusun sasaran opd.”Program prioritas beserta indikator kinerja nya yang terukur dan tersedia katanya dan relevan terkait langsung dengan pencapaian visi misi serta dalam rangka penyelesaian permasalahan Daerah seperti kemiskinan IPM pertumbuhan ekonomi dan permasalahan lainnya.”adanya perubahan paradigma pembangunan dari Money follow function menjadi money follow  program yang prioritas betul-betul bermanfaat bagi masyarakat. ” Masing-masing perangkat juga berproses untuk penyusunan Renstra opd mengacu pada rancangan awal rpjmd,jelasnya lagi.

Pada kesempatan itu wakil bupati juga berharap proses konsultasi publik dan proses lain dalam penyusunan rancangan awal RPJMD tahun 2021- 2026 bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga target untuk menyusun dan menetapkan RPJMD dilakukan.” Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan  tidak berorientasi pada manfaat untuk rakyat dan berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan.” Rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki manfaat bagi rakyat untuk benar-benar tidak dilakukan.” Simulta Penyusunan rancangan awal RPJMD paling lambat enam bulan sejak pelantikan bupati-wakil Bupati akan dapat tercapai.

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.