Tugu Perbatasan Bolmong-Bolsel dibangun di Desa Matayangan

0
226
Muhammad Arif.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2021 ini bakal membangun tugu perbatasan di Desa Matayangan Kecamatan Dumoga Utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolmong).

Pembangunan tugu perbatasan tersebut sebelumnya direnacanakan akan dibangun di batas antara Bolmong dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Muhammad Arif, pembangunan tugu saat ini digeser dan akan dibangun di batas Bolsel-Bolmong. Soal kepastian terkait rencana pembangunan tugu di perbatasan dengan Bolmut kata dia, masih perlu dikoordinasikan dan pengkajian lebih lanjut.

“Sebelumnya, kita merencanakan pembangunannya di perbatasan Bolmong-Bolmut. Kita juga sudah melakukan survey. Namun, masih ada hal yang perlu dikoordinasikan lagi. Tetapi kita juga sudah punya opsi, untuk menggeser pembangunan tugu di perbatasan antara Bolmong-Bolsel,” kata Arif, Kamis (15/04/2021).

Dia menjelaskan, dalam APBD Tahun 2021, anggaran pembangunan tugu dialokasikan sebesar Rp 250 juta. Nantinya, pembangunan tugu tersebut akan dihiasi dengan ciri khas dan nuansa adat Mongondow.

“Sejuah ini anggaran yang kita usulkan itu, tercatat ada Rp 250 juta,” tuturnya.

Di sisi lain kata dia, Pemkab Bolmong memilih pembangunan tugu di perbatasan Bolmong dan Bolsel, karena untuk tugu yang ada di perbatasan Bolmong dan Minsel masih dalam kondisi yang bagus. Sehingga, dilakukan pembangunan tugu baru dengan daerah lainnya.

“Kalau tugu batas Minsel itu, tinggal dilakukan pemeliharaan. Selanjutnya perbatasan dengan daerah tetangga lainnya juga kita prioritaskan. Namun, tetap memperhatikan ketersediaan anggaran pemerintah daerah,” ujarnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.