Tunjuk 89 Pjs Sangadi, Yasti Ajak Sukseskan Pilsang Serentak

0
51

TNews, BOLMONG — Berdasarkan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow resmi menunjuk 89 Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Penjabat Sangadi Sementara (Pjs), serta menyerahkan Surat Keputusan (SK) tentang pengesahan pemberhentian sangadi.

Penunjukan Pjs tersebut dilaksanakan di Aula Loby Kantor Bupati di Lolak, Jumat 28 Januari 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Abdussalam Bonde dalam laporannya menyampaikan, Penjabat Sangadi yang diangkat dari PNS sekitar 89 orang. Sebelumnya sudah ada 7 orang yang telah diserahkan Sknya. Jadi, total ada 96 orang sebagai Penjabat Sangadi yang nanti melakukan tahapan kampanye pada Pilsang serentak Tanggal 3 Februari mendantang.

“89 Penjabat Sangadi ini yang akan melanjutkan jabatan yang kosong untuk mensukseskan pilsang sampai terpilih dan pelantikan nanti,” kata Bonde.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya mengatakan, Penjabat Sangadi sebagai pemimpin penyelenggaraan pemerintahan di desa, dimana Penjabat Sangadi pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap keputusan yang nanti akan dilaksanakan.

“Keberhasilan pembangunan di desa salah satunya ditentukan kepemimpinan dari Penjabat Sangadi. Hal ini menunjukkan bahwa kewenangan penjabat seperti Kewenangan sangadi definitif,” ungkap Bupati.

Selain itu kata Yasti, dalam melaksanakan kepemimpinan di desa, Penjabat Sangadi dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif. Serta dituntut untuk mampu menggali dan mengelola SDM dan SDA di desa masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Yasti menekankan kepada para penjabat agar dapat bekerja dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan tupoksi serta selalu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Tak hanya itu, penjabat Sangadi diharapkan dapat membangun kemitraan dengan Badan Permusyawaratan desa (BPD), perangkat desa serta seluruh komponen masyarakat. Agar proses pembangunan dalam desa akan berjalan dengan baik.

“Fasilitasi pelaksanaan Pilsang  yang dijabat oleh bapak-ibu di desa sehingga pilsang dapat berjalan sukses sesuai yang harapan kita bersama,” tegasnya.

Bupati meminta kepada para Penjabat Sangadi untuk dapat menjaga netralitas dalam pilsang nanti. Khususnya memastikan netralitas perangkat desa.

Yasti juga meminta kepada Penjabat Sangadi untuk dapat menindaklanjuti Peraturan Bupati Bolmong nomor 28 tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes), pencegahan wabah Covid-19. Mengingat masih banyak warga yang mengabaikan prokes.

“Saya harapkan Penjabat Sangadi untuk dapat mendata warga setempat yang belum divaksin tahap pertama, sebab Sangadi yang sebelumnya tidak proaktif dalam melaksanakan vaksin karena mungkin masih menjaga masyarakat jangan sampai tidak memilih,” pungkas dia. (Imran Asiaw)

Berikut Nama-nama Penjabat Sangadi yang ditunjuk Bupati Yasti:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.