Usai Dilantik 33 Panwascam Manado Langsung Terima Pembekalan

0
47

Marwan Kawinda Ingatkan Integritas dan Kinerja

TNews, Manado Sulawesi Utara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado Kamis (27/10/2022), secara resmi melaksanalan pelantikan terhadap 33 Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) hasil sesuai tahapan seleksi.
Pelantikan di Hotel Granpuri Ranotana Manado ini, dihadiri Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda SH, MH, Anggota Bawaslu Manado, Heard Runtuwene dan Taufik Bilfaqih.
Juga hadir Anggota Bawaslu Sulut, Donny Rumagit dan Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor.
Pelantikan ini sesuai berdasarkan ketentuan peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pembentukan, Pemberhentian, dan Pergantian Antar Waktu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara.
Sebelum dilantik, seluruh Panwascam diambil sumpah janji dan menyatakan pakta integritas.
Dalam Sambutannya, Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda menyampaikan selamat kepada seluruh Panwascam yang baru dilantik.
Selanjutnya, Marwan mengingatkan kepada Panwascam agar dapat menjaga integritas, melaksanakan tugas dengan sebaik dan semaksimal mungkin.
“Kalian adalah pejuang Demoktasi. Untuk itu dapat membantu dan bekerjasama dengan kami guna mensukseskan Pemilihan Umum pada tahun 2024 dengan mengikuti setiap aturan Pemilu yang berlaku,” pesan Marw√†n.
Pada kesempatan itu, Anggota Bawaslu Sulut, Donny Rumagit menyampaikan para Panwascam yang baru dilantik akan menghadapi berbagai kejahatan demokrasi dan politik identitas. Salah satu tugas diantaranya harus mengantisipasi Hoax yang dapat menimbulkan kerawanan.
Selain itu Donny mengingatkan pentingnya tugas, kewaiiban dan wewenang Panwascam.
“Ini harus terus diingat oleh Panwaslu Kecamatan yg baru dilantik. Sesuai dengan Perbawaslu 3 thn 2022,” tegas Donny.
Begitu pula Donny mengingatkan tentang SIM P yakni Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas sebagai Panwascam.
“Jaga soliditas dan integritas. Jangan sampai intgritas bapak ibu dibayar dengan uang brapa pun. Makanya integritas itu diuji,” ucap Donny seraya menambahkan pentingnya mentalitas yang harus disiapkan ketika menghadapi berbagai karakter manusia.
“Profesionalitas sangat dibutuhkan. Karena ini terkait dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap,” jelas Donny seraya menyampaikan selamat menjalankan tugas kepada Panwascam yang baru dilantik.


Usai dilakukan pelantikan, 33 Panwascam langsung diberikan pembekalan terkait tugas, fungsi dan kewenangan Panwascam. (Penyunting Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.