Wabub Kevin W. Lotulung Pimpinan Kontingen Minut di Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023

0
62
Wabub Minut Kevin W Lotulung, SH, MH dalam kegiatan Rakornas Penanggulangan Bencana. (Foto: Ist)

TNews, Mint Sulawesi Utara – Wakil bupati Minahasa Utara (Minut) Kevin Wiliam Lotulung, SH, MH memimpin perwakilam kabupaten Minut, dalam Rapat Koodinasi nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana dalam rangka Penguatan Koordinasi dan Keterpaduan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Rakornas ini dibuka langsung oleh Presiden RI Bapak Ir. joko Widodo, bertempat di Jakarta Intemational Expo Kemayoran Hall B1 dan B2, Kamis (02/03/2023)
Dalam sambuta pembukana Rakornas Presiden Jokowi menyampaikan bahwa saat ini semua negara tengah mewaspadai perubahan iklim, yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana.
Perubahan iklim itu lanjut Jokowi, akan menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana.
Presiden juga menyebutkan bahwa frekuensi bencana di Indonesia naik 81 persen, dari 1.945 bencana di tahun 2010 menjadi 3.544 bencana di tahun 2022, yang meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan nonalam lainnya.


“Oleh sebab itu, siaga dan waspada itu menjadi kunci, baik tahap prabencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pascabencana. Semuanya harus disiapkan, semuanya harus dikelola dengan baik.” tegas Presiden
Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudaydan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto serta Kepala Daerah Se-Indonesia dan Forkopimda.


Wabub Minut Kevin W Lotulung, mengatakan bahwa hasil Rakornas ini akan dilaporkan kepada Bupati, sehingga dapat ditindak lanjuti untuk membangun kewasadaan terhadap perubahan iklim yang berpotensi bencana di Minut.

Peserta Rakornas PB dari Minut selain Wabub Kevin Lotulung, Kapolres Minut dan Kepala Pelaksana BPBD Minut Drs. Theodore Lumingkewas, MM. (Penyunting Meiyer Tanod/Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.