Wakili Bupati, Wabub Yanny Ambil Sumpah Janji Anggota BPD Terpilih Desa Ambang II

0
5

TNews, BOLMONG — Mewakili Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk resmi meng mengambil sumpah dan janji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ambang II, Kecamatan Bolaang Timur.

Pelantikan tersebut digelar di Aula Loby Kantor Bupati, di Kecamatan Lolak, Kamis (25/11/2021), dihadiri langsung Kepala DPMD Abdussalam Bonde beserta jajaran, Camat serta Sangadi.

Wabup Yanny dalam sambutannya mengatakan, BPD dipilih oleh masyarakat desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan perempuan. Dalam tugasnya bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat serta memperjuangkan hak perempuan dalam setiap forum yang dilaksanakan, baik tingkat desa, Kecamatan maupun Kabupaten.

Menurutnya, BPD mempunyai kewenangan terhadap tugas Pemdes, Perdes dan Peraturan Sangadi (Kepala Desa), membentuk Panitia Pilsang serta menggali, menampung, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Berharap agar bapak ibu anggota BPD laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sebagaimana tupoksi yang kalian emban,” ungkapnya.

Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa, anggota BPD dan sangadi merupakan mitra kerja sehingga dituntut membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi dengan terus berkoordinasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa.

“Selain itu, saya berharap anggota BPD turut melaksanakan pengawasan terhadap penggunaan dana desa dan alokasi dana desa, sehingga pengelolaan keuangan desa bisa berlangsung efektif, transparan, dan akuntabel,” tegas Yanny.

Maka dari itu, Wabup dua periode tu meminta, anggota BPD yang baru di ambil sumpah dan janji agar bekerja secara profesional dalam Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak tahun 2022 nanti untuk 96 Desa di Bolmong.

“Jangan sampai mengarahkan masyarakat untuk memilih satu calon Sangadi, karena hal itu bisa berdampak pada tidak suksesnya pelaksanaan Pilsang secara demokratis dan biarkan masyarakat desa Ambang II memilih sesuai hak dan pilihan mereka masing-masing,” ucap dia.

“Selain itu, mengimbau Sangadi dan anggota BPD Desa Ambang II agar terus mensosialisasikan penerapan prokes pencegahan penularan covid-19, serta menghimbau masyarakatnya untuk segera melaksanakan vaksinasi Covid,” dia menambahkan.

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.